Kamis, 04 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Sosok Cosmas Batubara: Sang Pengusaha Bersahaja, Penuh Keteladanan

Foto Berita Sosok Cosmas Batubara: Sang Pengusaha Bersahaja, Penuh Keteladanan
WE Entrepreneur, Jakarta -

Cosmas Batubara, sosok yang dikenal sebagai pribadi yang bersahaja dan penuh keteladanan. Berjuang melawan kanker limfoa selama dua tahun terakhir, Cosmas Batubara tutup usia pada hari ini, Kamis (08 Agustus 2019) dini hari di RSCM Kencana. 

Pria kelahiran Simalungun, 19 September 1938 silam itu namanya sudah tak asing lagi bagi masyarakat, terlebih lagi bagi para pengusaha tanah air. Meski kini raganya tak lagi ada, dedikasinya bagi geliat bisnis Tanah Air akan tetap abadi. 

Baca Juga: Ini Sosok Mbah Moen di Mata Kyai Ma'ruf Amin

Di usia mudanya, Cosmas Batubara sudah aktif terlibat di beberapa organisasi. Usai meraih gelar Bachelor of Arts di Sekolah Tinggi Publistik Jakarta (1964), Cosmas Batubara terjun ke dunia parlemen sebagai anggota DPR pada periode 1967-1978 di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. 

Dengan kegigihan dan kesahajaannya, Cosmas Batubara didaulat menjadi menteri pertama yang ditunjuk Soeharto sebagai Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat untuk peridoe 1978 hingga 1983. Kiprahnya di bidang pemerintahaan berlanjut ketika Cosmas Batubara dipercaya untuk menjadi Menteri Negara Perumahaan Rakyat di periode 1983 hingga 1988 dan Menteri Tenaga Kera di periode 1988 hingga 1993. 

Baca Juga: Siapa Sebenarnya Sosok Plt Dirut PLN?

Siapa sangka, ayah dari dua putra dan dua putri tersebut juga terjun sebagai seorang pengusaha. Mengawali karier bisnisnya dengan bergabung dalam Agung Podomoro Group (APG) pada 1993 silam, Cosmas Batubara langsung memegang jabatan strategis sebagai Komisaris Utama PT Sunter Agung (1993-2008).

Baca Juga: Ini Sosok Bos Coffee Day yang Akhiri Hidup Karena Terlilit Utang

Kemudian, sejak tahun 1994 Cosmas Batubara berkiprah sebagai Komisaris Utama PT Intiland Development Tbk (DILD) dan Wakil Komisaris Utama PT Tunas Ridean Tbk (TURI). Dua tahun setelahnya, yakni pada 1996, Cosmas Batubara dipercaya untuk menjadi Presiden Komisaris PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI). 

Dedikasi Cosmas Batubara juga tercurahkan kepada entitas anak dari PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) dan APG. Beberapa posisi penting yang dijabat Cosmas, yaitu Komisaris Utama PT Alam Hijau Teduh (2011), Komisaris PT Realty (2004), Komisaris Utama PT Mandiri Eka Abadi (2003), dan Komisaris PT Jaya Lestari Persada (2002). 

Tag: Cosmas Batubara, Tokoh Nasional, tokoh dunia

Penulis/Editor: Lestari Ningsih

Foto: Istimewa