Jum'at, 16 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Enggak Nyangka! Modal Kain Enam Meter Bisa Raup Omzet Ratusan Juta

Foto Berita Enggak Nyangka! Modal Kain Enam Meter Bisa Raup Omzet Ratusan Juta
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pemerintah Indonesia terus mendorong industri fesyen muslim agar terus berkembang di Tanah Air. Hal itu bertujuan agar Indonesia bisa menjadi kiblat fesyen muslim dunia.

Selaras dengan hal itu, ada salah satu brand asal Indonesia, yakni Indadari yang menjadi kecintaan mayoritas wanita muslim. Brand Indadari yang tersematkan sama dengan nama pelaku bisnis yang berperan sebagai pencetusnya.

Bagi kalangan wanita berhijab yang senang berbelanja online pasti mengetahui merek cadar yang ia dirikan pada tahun 2016 lalu ini.

Baca Juga: Ini Wejangan untuk Pebisnis Fesyen dari Bos LVMH, Nyelekit!

Wanita ini mengaku bahwa ide bisnis pakaian muslim bermula dari kesulitan yang ia hadapi saat mencari setelan yang cocok buat dirinya.

“Awalnya tuh simpel banget karena aku waktu itu awal pakai cadar terus enggak menemukan cadar yang enak untuk aku. Jadi waktu itu start untuk memulai bisnis cadar,” ucapnya dalam acara “Smart and Stylish in Halal Ways” (27/7/2019) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kalau orang pada umumnya membuat sebuah usaha ketika kondisi ekonominya lagi bagus, yang dilakukan oleh wanita ini terbilang berani dan penuh risiko. Sebab, ketika itu ia sedang dalam masa yang terbilang sulit.

“Dulu pada saat hijrah-hijrahnya enggak punya uang karena memang lagi membersihkan diri dari segala bentuk riba dan hal-hal yang haram jadi hanya punya uang yang pas-pasan beli bahan cuma 6 meter. Cari bahan yang paling nyaman, foto, dan bismillah terjual serta diterima oleh pasar,” jelasnya.

Baca Juga: Fesyen E-Commerce Sorabel Terima Suntikan Dana Baru

Berkat upaya dan kerja keras yang dilakukan dalam waktu tiga tahun belakangan ini brand fesyen busana muslim Tanah Air tersebut berhasil meraih omzet ratusan juta rupiah.

Padahal saat beberapa bulan awal berdirinya, omzetnya hanya sekitar Rp20 jutaan saja. Peningkatannya mencapai lebih dari 5 kali lipat dalam waktu sekitar 2 sampai 3 tahun saja.

Untuk menjadi sebuah brand yang ternama di dunia bisnis tentu ada hal yang harus membedakan dengan produk lainnya. By Indadari menyajikan berbagai macam cadar serta beberapa setelan busana muslim dengan motif polkadot.

Hampir semua desain yang dibuat menggunakan warna dasar hitam dengan sedikit motif polkadot berwarna putih. Menurutnya ini sebagai salah satu strategi guna meningkatkan brand awareness orang lain terhadap mereknya tersebut.

Harganya juga bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah sampai sekitar Rp600 ribuan per pasang.

Tag: Fesyen Muslim, Bisnis Fesyen

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Instagram/indadari