Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Bos Wings Group Jadi Crazy Rich Paling Sepuh di Indonesia

Foto Berita Bos Wings Group Jadi Crazy Rich Paling Sepuh di Indonesia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Jika gelar miliarder tertua di seluruh dunia jatuh ke tangan Chan Yung Chung, pengusaha perkapalan asal Singapura, miliarder tertua di negeri kita Indonesia adalah Harjo Sutanto, pemilik Wings Group.

Di usianya yang mencapai 92 tahun, kini ia tercatat oleh Forbes memiliki harta sebesar US$1,1 miliar atau setara dengan Rp15,40 triliun, berdasarkan asumsi kurs Rp14.000/dolar AS. Dengan begitu, namanya menempati urutan ke-19 sebagai orang terkaya di Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia Miliarder Paling Tua di Dunia, Hobinya: Ngantor

Perjalanannya mendapatkan kekayaan ini membutuhkan waktu yang panjang, Wings Group tak langsung lahir menjadi jaya seperti saat ini.

Mulanya, ia berbisnis dengan menjual sabun dari rumah ke rumah di Jawa Timur bersama rekannya, Johannes Ferdinand Katuari. Perusahaan sabun tersebut mereka beri nama Fa Wings. Setelah menjajakan langsung dari pintu ke pintu, mereka pun berinisiatif untuk menjualnya dengan menitipkan ke warung-warung hingga agen.

Baca Juga: Pengusaha Asal Papua Miliki Bisnis Beromzet Ratusan Juta, Simak Kisahnya...

Sabun yang mereka tawarkan pun berkembang menjadi sabun mandi, yang mana mulanya hanya sabun colek.

Tak ada yang menyangka, perusahaan sabun yang mereka dirikan kecil-kecilan itu kini menjadi produsen sabun raksasa di Tanah Air. Selain sabun, kini Wings juga memproduksi produk rumah tangga, seperti pembersih toilet, deterjen, dan pembalut wanita.

Selain itu, Wings Group juga memproduksi mie instan dengan label Mie Sedaap, yang juga dijual di sejumlah negara di luar Indonesia.

Tag: Kisah Sukses, Wings Group

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: CNBC