Minggu, 07 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Asli! Bisnismu Makin Tokcer Jika Manfaatkan Fitur Instagram Ini!

Foto Berita Asli! Bisnismu Makin Tokcer Jika Manfaatkan Fitur Instagram Ini!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Keberadaan platform Instagram bagi kelangsungan bisnis UMKM di Indonesia dinilai mampu mengakuisisi pelanggan dari kota dan negara lain, sekitar 66% dari 502 pengguna profil bisnis Instagram menyetujui pernyataan itu. Tak hanya itu, setidaknya 90% pengguna Instagram mengaku telah berkomunikasi dengan akun-akun bisnis di platform itu.

Data tersebut didapat dari laporan lembaga riset Ipsos yang bekerja sama langsung dengan Instagram. Riset yang dilangsungkan dalam periode 21 Agustus hingga 6 September 2018 itu menunjukkan, 87% pelaku UMKM yang terlibat dalam survei menyetujui bahwa penjualan mereka meningkat berkat Instagram.

“Kami menyiapkan fitur atau alat-alat untuk meningkatkan kreativitas. Semakin tinggi kreativitas, semakin besar pelaku bisnis terhubung dengan para penggunanya,” ujar Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, Selasa (05/03/2019) di Kantor Facebook Indonesia, Jakarta.

Fitur-fitur seperti feed, stories, live, hingga IGTV dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka laiknya seorang teman. Untuk itu, pelaku bisnis perlu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram dengan tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun, beberapa tips yang bisa diterapkan oleh para pelaku bisnis, terutama UMKM, dalam menggunakan fitur bisnis Instagram, antara lain:

Baca Juga: 5 Aplikasi Ini Bisa Banget Bantu Kegiatan Bisnismu, Unduh Deh!

1.Gunakan tagar (hashtag)

Tagar dapat menjadi wadah untuk menemukan banyak hal. Saat ini, tagar jadi senjata yang jarang digunakan oleh para penjual di platform Instagram. Namun, perlu diperhatikan, penggunaan tagar pun harus dilakukan dengan bijak. Hindari memakai terlalu banyak tagar agar kiriman tak masuk menjadi spam. Usahakan untuk selalu menggunakan tagar khusus yang sesuai dengan bisnis Anda.

2.Pelajari insight

Instagram menyediakan insight bagi seluruh profil bisnis. Kehadiran fitur itu dapat membantu Anda memahami karakteristik audiens dengan lebih baik. Dengan begitu, Anda dapat menemukan formula yang tepat bagi bisnis Anda.

Melalui pemanfaatan insight, pemasaran dan akuisisi konsumen lewat Instagram akan lebih efektif. Karena pelaku bisnis UMKM dapat menentukan jenis dan jumlah konten yang akan diunggah di Instagram, tak lupa waktu ideal untuk mengirimnya.

Baca Juga: 4 Tips Branding untuk Seorang Pengusaha Tanpa Anggaran

3.Manfaatkan seluruh fitur Instagram

Sebagai pebisnis, Anda perlu tunjukkan ciri khas, sekaligus menjadi teman untuk konsumen dengan membangun interaksi. Gunakan fitur asli Instagram, seperti feed, stories, live, bahkan IGTV. Pelajari juga Insight akun bisnis Anda, kemudian buat iklan untuk memperluas jangkauan akuisisi konsumen di Instagram.

Tag: Instagram, Tips Bisnis

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Lestari Ningsih

Foto: Reuters/Charles Platiau