Jum'at, 29 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Jokowi Imbau 56 Juta UKM Indonesia untuk Masuk ke Toko Online

Foto Berita Jokowi Imbau 56 Juta UKM Indonesia untuk Masuk ke Toko Online
WE Entrepreneur, Jakarta -

Dalam perayaan hari ulang tahun Bukalapak yang ke-9, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah UKM (Usaha Kecil Menengah) mencapai 56 juta pelaku usaha. Namun menurutnya, ada banyak permasalahan yang terjadi di dunia UKM.

"Ada banyak problem di UKM-UKM kita yang berkaitan dengan bagaimana membangun brand, bagaimana membuat desain yang sesuai dengan keinginan pasar, bagaimana membuat kemasan agar menarik dibeli dan persoalan-persoalan lain, yang menyangkut modal, yang menyangkut akses pasar," ungkap Jokowi dalam sambutannya, Kamis (10/1/2019) di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Dengan kehadiran salah satu startup unicorn Indonesia, Bukalapak, Presiden Jokowi melihat adanya peluang untuk memecahkan permasalahan tersebut.

"Saya melihat ada peluang dengan hadirnya Bukalapak. Yang pertama, yang sudah siap UKM-UKM kita yang sudah siap bisa langsung masuk ke toko online, ke Bukalapak. Bisa masuk. Tetapi banyak yang belum masuk. Hal itu berkaitan dengan problem-problem yang tadi saya sampaikan, baik yang berkaitan kemasan, membangun brand setiap produk itu tugas kita bersama sama. Tugas pemerintah dan tugas dunia wiraswasta," ujarnya.

Dengan ini, lanjutnya, saya mengajak Bukalapak agar membangun ekosistem online ini supaya tersambung dengan ekosistem offline-nya. Artinya seluruh UKM yang ada di Indonesia bisa masuk ke Bukalapak.

"Saya sedih kalau melihat sebuah produk, kualitasnya bagus, barangnya bagus, tetapi tidak bisa masuk akses pasar karena packaging-nya yang jelek. Jangan sampai produk kita tidak bisa masuk, bisnis online (dimasuki) barang-barang dari luar. Jangan sampai kejadian ini terjadi," tegasnya.

Presiden juga berharap agar 56 juta UKM Indonesia dapat seluruhnya masuk ke Bukalapak atau toko online lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Jokowi meminta peran serta dari Bukalapak sebagai market place agar mengajak lebih banyak UKM untuk menjajakan produknya di Bukalapak.

Tag: Bukalapak, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Kumairoh

Foto: Antara/Puspa Perwitasari