Kamis, 18 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Ada 4 Prospek Baru bagi Pengusaha Edtech di Sekolah Modern

Foto Berita Ada 4 Prospek Baru bagi Pengusaha Edtech di Sekolah Modern
WE Entrepreneur, Jakarta -

Sistem sekolah tentu berbeda dengan sistem lain dalam hal itu dinamis tetapi lambat untuk berubah, terstruktur tetapi terputus, progresif tetapi sering skeptis bahwa produk baru dapat mempersulit hidupnya. Itu bukan berarti bahwa sekolah tidak terbuka untuk teknologi dan peralatan. Kuncinya adalah menemukan keselarasan antara kebutuhan sistem sekolah dan masalah yang harus diselesaikan pengusaha.

Nah, di situlah permasalahannya: melihat sekolah dari luar. Untuk pengusaha edtech, sebagian besar adalah tentang teknologi di sekolah. Berikut menurut Entrepreneur.com (9/1/2018), prospek baru untuk pengusaha edtech:

Sistem Perencanaan

Apa yang ada di bagian atas daftar prioritas? Semuanya bergantung pada sistem perencanaan. Ambil contoh, jadwal pelajaran yang tampaknya sederhana. Menyusun jadwal guru dan pelajaran murid masih dilakukan secara manual bahkan di sekolah yang paling progresif sekalipun.

Sebagian besar sekolah beralasan karena tidak adanya alat teknologi yang dapat diandalkan untuk hal tersebut. Oleh karena itu, teknologi yang berbau edukasi dapat masuk di sini, menjadi prospek baru di tahun 2019.

Sistem Pengajaran Sistem

Ini merupakan jantung dari prestasi siswa. Alat utama sistem ini adalah rencana pelajaran yang sederhana. Alasan sederhana untuk ini adalah jika rencana pelajaran tidak berhasil, siswa tidak akan mencapai target.

Mungkin di beberapa sekolah ada guru yang mengajar, namun bukan berasal dari keguruan. Dengan jumlah guru yang berkualitas terus menyusut, memastikan prestasi siswa menjadi tantangannya. Salah satu cara untuk membantu gurunya adalah dengan membantu mereka dalam membuat rencana pelajaran yang berdasarkan bukti. Ini, pada gilirannya, akan menjamin tolok ukur minimum untuk pengajaran dan pembelajaran yang terukur.

Bagaimana jika sistem dapat memberikan rencana pelajaran yang berkualitas tinggi bagi guru dengan ruang yang fleksibel? Bukankah itu yang dicari seorang guru?

Sistem Umpan Balik

Profesor James Pennebaker dari University of Texas, mengatakan dalam sejarah studi pembelajaran, peran umpan balik selalu menjadi pusat. Dia menambahkan bahwa ketika orang mencoba mempelajari keterampilan baru, mereka harus mendapatkan beberapa informasi yang memberi tahu mereka apakah yang mereka lakukan itu benar atau tidak.

Waktu umpan balik sangat penting. Peneliti menemukan bahwa anak-anak yang diberi umpan balik langsung menunjukkan peningkatan kinerja yang jauh lebih besar daripada mereka yang menerima umpan balik yang tertunda.

Untuk memberikan umpan balik langsung selama kelas atau bahkan di akhir untuk semua anak tidak mungkin secara manusiawi. Alat teknologi sangat diperlukan di mana respons siswa dapat dengan cepat ditangkap, dianalisis, dan tindakan perbaikan dapat direkomendasikan berdasarkan data.

Inovasi Edtech dalam Sekolah

Sekolah, sejak lama, telah menjadi sistem manual. Sudah waktunya bagi sekolah untuk berubah menjadi sistem teknologi, memberi manfaat bagi semua pemangku kepentingan dalam proses tersebut. Hal ini mengharuskan pengusaha edtech untuk memahami kesenjangan yang paling penting bagi sekolah.

Tag: Edupreneur, Tren 2019, Teknologi

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: WE