Kamis, 04 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Dulunya Miskin, Sekarang Pria Ini Mampu Kantongi Gaji Rp7 Miliar Per Hari, Enggak Nyangka!

Foto Berita Dulunya Miskin, Sekarang Pria Ini Mampu Kantongi Gaji Rp7 Miliar Per Hari, Enggak Nyangka!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Sundar Pichai, siapa yang masih merasa asing dengan nama ini? Nama tersebut sudah terkenal dalam dunia teknologi karena ia merupakan CEO Google. Pria sukses ini ternyata lahir dari keluarga miskin, yang sama sekali tidak pernah membayangkan jika dirinya bisa menduduki jabatan seperti sekarang ini.

Pichai lahir di selatan Kota Chennai, India. Ketertarikan dirinya terhadap dunia teknologi sudah mulai muncul sejak kecil. Ia sangat peka terhadap angka-angka dan mampu mengingat serangkaian angka dalam waktu singkat. Kehidupannya yang sederhana dulu, membuat dirinya jauh dari hal-hal berbau teknologi. Tidak ada mobil, bahkan televisi.

Menurut pandangan tetangganya, Pichai adalah sosok anak yang pemalu, namun suka berpendapat tentang hal apapun. Ia juga menjadikan ayahnya sebagai suri tauladan baginya.

Nasib pun mengubah kehidupannya, setelah lulus dari Stanford University dan bekerja di perusahaan Google, membawa dirinya untuk direkrut menjadi CEO pada tahun 2015. Saat ini seluruh dunia kenal dengan nama Sundar Pichai, yang dulunya anak miskin, tidak ada yang menyangka saat ini menjadi sukses dan kaya raya.

Selama bekerja di Google, ia ingin mengembangkan browsernya sendiri dan memutuskan untuk mendiskusikan idenya itu kepada atasannya, Eric Schmidt, CEO Google pada saat itu. Namun, idenya itu ditolak. Akhirnya, ia pun membujuk Larry Page dan Serget Brin untuk membuat browser Google sendiri. Setelah diskusi panjang, akhirnya ia pun berhasil membuat Google Chrome pada tahun 2008 yang sukses menjadi browser nomor 1 di dunia melampaui posisi Internet Explorer dan Firefox.

Larry Page sangat kagum padanya dan memberikan tanggung jawab untuk memegang seluruh produk Google termasuk pencarian, peta, Google+, perdagangan, periklanan, dan lain-lain.

Saat ini, Sundar mampu mengantongi gaji sebesar Rp7 Miliar per hari. Bukan jumlah yang kecil bukan? Dengan perjuangan yang tidak sedikit, lika-liku kehidupan dapat ia taklukan. Pelajaran yang dapat kita petik dari kisah sukses Sundar adalah semiskin apapun kita di masa lalu dan hari ini, asalkan kita terus berjuang dengan giat, tidak menutupkemungkinan untuk kesuksesan hadir dalam hidup kita.

Tag: Kisah Sukses, Sundar Pichai

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Lucy Nicholson