Kamis, 28 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Go-Jek Wirausaha Cetak Ratusan UMKM Bandung Siap Bersaing

Foto Berita Go-Jek Wirausaha Cetak Ratusan UMKM Bandung Siap Bersaing
WE Entrepreneur, Bandung -

Pemerintah Kota Bandung bersama Go-Jek membatu ratusan pelaku UMKM agar bisa meningkatkan skala bisnisnya usaha dan memperluas pasar mereka melalui teknologi.

Go-Jek Wirausaha melibatkan dihadiri oleh Iebih dari 120 pengusaha UMKM dan turut dibuka oleh Kepala Bidang Usaha Non Formal dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Achmad Tadjudin Sastrawinata. 

VP Public Affairs Go-Jek, Astrid Kusumawardhani mengatakan Go-Jek memosisikan diri sebagai technology enabler untuk memperkuat pelaku UMKM karena Iini adalah salah satu cara mewujudkan nilai utama Go-Jek, yaitu menciptakan dampak sosial.

”Bentuk nyata usaha Go-Jek untuk memerkuat pelaku UMKM adalah dengan membuka akses teknologi kepada para pelaku sektor informal dan UMKM untuk mengatur keuangan dengan baik dan memerluas pangsa pasar lindustri kuliner melalui Iayanan Go-Food dan Go-Pay," ujarnya.

Go-Jek Wirausaha merupaka  program pelatihan berbisnis yang diberikan oleh Go-Jek kepada pelaku industri UMKM dalam bentuk kelas tatap muka. Dimulai pada tahun ini, Bandung menjadi kota keempat diselenggarakannya program ini yaitu setelah Kota Depok, Kota Tangerang Selatan, dan Purwokerto. Dengan pelatihan di Bandung ini, terdapat lebih dari 500 pelaku UMKM se indonesia yang sudah mengikuti program Go-Jek Wirausaha sehingga menjadi #WirausahaNaikKelas. 

Materi yang diajarkan di Go-Jek Wirausaha mulai dari perencanaan bisnis hingga mengelola keuangan yang baik dapat dijadikan sebagai ilmu yang fundamental dalam membangun bisnis. 

”Go-Jek mendukung penuh usaha pemerintah Kota Bandung untuk mendorong produk lokal dan kuliner Bandung dengan cara berbagi ilmu dan tips praktis supaya pelaku UMKM dapat melebarkan pangsa pasar dan meningkatkan omzet.”  jelasnya.

Selain belajar bersama tentang kemampuan fundamental dalam berbisnis, peserta pelatihan yang sudah memiliki bisnis dapat langsung mendaftarkan usahanya ke dalam platform Go-Food dan Go-Pay.

"Diharapkan para pelaku UMKM bisa Iangsung memasarkan, menjual, dan mengembangkan usahanya secara digital," tegasnya.

Adapun, Kepala Bidang Usaha Non Formal dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pemkot Bandung, Achmad Tadjudin memenyambut baik inisiatif dari Go-Jek untuk membantu pelaku usaha non formal dan UMKM di Kota Bandung meningkatkan skala bisnisnya. 

Dia berharap melalui pelatihan ini, para pengusaha UMKM Bandung bisa semakin sukses dan bisnisnya semakin besar. Dengan usaha UMKM yang semakin berkembang, saya percaya bisa memberikan dampak positif kepada kota kita tercinta ini. 

"Kami juga berharap hubungan yang sudah baik antara Pemerintah dan Go-Jek tetap terus terjaga," pungkasnya.

Tag: PT Go-Jek Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Vicky Fadil

Foto: Go-Jek