Jum'at, 16 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Miliki Ukuran Kaki Besar, Pria Ini Produksi Sepatu Brodo Kelas Dunia

Foto Berita Miliki Ukuran Kaki Besar, Pria Ini Produksi Sepatu Brodo Kelas Dunia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Berangkat dari ukuran kakinya yang lebih besar dari orang lain sejak duduk di bangku SMP, Yukka Harlanda yang saat ini memiliki ukuran kaki 46 mengaku kesulitan setiap kali mencari sepatu. Hingga 2010, Yukka mendapatkan saran untuk mengunjungi sentral produksi sepatu di Cibaduyut, Bandung. 

Yukka akhirnya menemukan sepatu dengan ukuran yang sesuai di Cibaduyut. Di sana dia membeli beberapa pasang karena harga yang ia dapatkan akan lebih murah jika membeli dalam jumlah banyak. 

Yukka juga kerap mengunjungi sentral pembuatan sepatu yang produknya diekspor ke luar negeri oleh brand internasional. Dikelilingi produsen andal dan bahan baku yang berlimpah, Yukka mulai menyadari bahwa Indonesia mempunyai semua yang dibutuhkannya untuk membuat sepatu berkelas dunia. Namun pertanyaannya, mengapa sampai saat ini belum ada (produk) yang berkembang? Padahal, produk Indonesia cukup berkualitas sampai brand internasional berani membelinya. 

Dari penemuannya tersebut, Yukka mulai menjual sepatu bermerek Brodo. Ia bertekad menjual produk sepatu lokal berkelas dunia. Meski sempat tak percaya mimpinya akan terwujud, namun Yukka berusaha untuk mewujudkannya. Terlebih jika melihat kualitas produk lokal yang ternyata mampu menyentuh brand internasional.

Bagi Yukka, ketika Brothers (sebutan pembeli Brodo) membeli produknya, mereka tidak hanya mendapatkan produk lokal yang berkualitas, tapi juga berinvestasi pada mimpi, ide, dan gagasan bahwa anak muda Indonesia selalu mempunyai solusi yang lebih baik.

Untuk memasarkan produknya itu, Yukka harus bekerja keras. Beberapa bulan pertama ia lakukan tanpa putus asa meski saat itu respons pasar tidaklah banyak.

"Saya posting produk di Facebook, tidak ada yang like, comment, ataupun share. Tetapi memang begitu kenyataannya," cerita Yukka beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Tanpa lelah, Yukka pun terus memasarkan produknya dan berupaya memberikan pelayanan terbaik setiap kali mendapatkan pelanggan. Untuk menjamin kepercayaan Brothers, Brodo menyepakati sebuah perjanjian atau "Janji Om Bro" dengan para Brothers, yaitu pengiriman gratis ke seluruh Indonesia, penukaran produk yang mudah, kualitas yang terjamin, dan garansi produk selama tiga bulan.

Kini, bisnis sepatu Brodo telah dikenal banyak kalangan sebagai brand lokal dengan kualitas premium dan menyediakan ukuran kaki yang besar. Bahkan, produk Brodo kini menjadi cenderamata untuk perhelatan Asian Games 2018.

Tag: Brodo

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Rosmayanti

Foto: Ning Rahayu