Selasa, 11 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

30 Kreator Lokal Jakarta Pamerkan Produk di MakerFest 2018

Foto Berita 30 Kreator Lokal Jakarta Pamerkan Produk di MakerFest 2018
WE Entrepreneur, Jakarta -

MakerFest, sebuah platform independen yang memiliki misi untuk mencari, mengedukasi, dan menginspirasi kreator Indonesia, resmi diselenggarakan hari ini, Sabtu (7/7/2018) hingga esok, Minggu (8/7/2018), di Bintaro Jaya Exchange. Sebanyak 30 kreator lokal dari Jakarta dan sekitarnya mendapatkan kesempatan untuk menjual dan mempresentasikan ide uniknya kepada masyarakat lewat festival MakerFest City Big Bang. 

Kreasi yang dihadirkan dalam MakerFest tersebut tergolong beragam, mulai dari produk fesyen, aksesoris, peralatan rumah tangga, bahkan moda transportasi seperti sepeda yang dihadirkan dengan konsep dan material yang unik.

Selain bazar, workshop, dan kompetisi, MakerFest bekerja sama dengan TopCommunity (sebutan komunitas seller Tokopedia) Jakarta turut menyelenggarakan program bantuan sosial untuk komunitas difabel yang tergabung di Yayasan Wisma Cheshire. Dalam kesempatan ini, MakerFest dan TopCommunity memberikan pelatihan serta bantuan alat produksi untuk pembuatan produk kerajinan tangan.

Vice Chairman MakerFest 2018, Melissa Siska Juminto, menjelaskan bahwa hadirnya MakerFest diharapkan dapat mendorong UMKM, khususnya kreator lokal, agar mampu semakin naik kelas.

"MakerFest hadir sebagai panggung online dan panggung offline bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka. Kami berharap ajang ini mampu berkontribusi terhadap penciptaan ekosistem bisnis yang lebih kondusif sehingga lebih banyak lagi usaha kecil yang dapat tumbuh menjadi industri lalu dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia," pungkas Melissa.

Melissa juga mengungkapkan bahwa edukasi bisnis berbasis digital merupakan salah satu semangat yang diangkat dalam MakerFest.

"Semoga melalui program ini kami dapat menemukan serta mengasah bakat dan kemampuan lebih banyak lagi kreator lokal Indonesia, tidak terkecuali kreator lokal berkebutuhan khusus seperti di Cheshire," harapnya. 

MakerFest sejauh ini sudah hadir di Medan, Padang, dan Jakarta, serta akan datang di 5 kota, termasuk Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Di setiap kota, MakerFest memberikan edukasi dan pendampingan usaha sehingga kreator lokal mampu lebih siap menghadapi berbagai peluang dan tantangan, termasuk dalam hal strategi bisnis, branding, pemasaran, dan permodalan.

Di puncak acara MakerFest pada Desember mendatang, tiga kreator lokal terbaik dari Jakarta dan sekitarnya akan berkompetisi dengan 21 kreator lokal terpilih dari kota-kota lainnya. Mereka akan memperebutkan hadiah utama berupa modal usaha sebesar Rp1 miliar, juga pendampingan usaha dalam bentuk konsultasi branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional, serta akses ke pameran dan jalur distribusi internasional.

Tag: Maker Fest, PT Tokopedia

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Tokopedia