Jum'at, 16 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Ini Indikator Penilaian Startup ketika Dilirik Investor

Foto Berita Ini Indikator Penilaian Startup ketika Dilirik Investor
WE Entrepreneur, Jakarta -

Tokopedia menjadi salah satu startup Unicorn setelah mendapatkan kucuran dana segar US$1,1 miliar (sekitar Rp14,7 triliun) dari Grup Alibaba. Lalu, seperti apa indikator dari investor tersebut hingga berlabuh ke Tokopedia?

Head of Corporate Finance and Investor Relations Tokopedia Inna Chandika mengungkapkan penilaian ini tergantung dari life cycle atau "siklus hidup" sebuah startup. Sebagai gambaran, saat di fase awal umumnya jumlah download menjadi indikator penting yang dilihat investor terhadap suatu aplikasi.

"Namun, seiring dengan pertumbuhan organisasi, seberapa sering aplikasi tersebut dipakai menjadi salah satu indikator yang tidak kalah penting untuk diketahui," kata Inna dalam "Diskusi Interaktif dan Workshop Third Party Tools" Katadata di JSC Hive, Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Untuk saat ini, Inna melihat indikator yang penting bagi Tokopedia di life cycle saat ini adalah jumlah pengunjung, jumlah penjual, dan jumlah penjualan.

"Saat ini, ada 2,7 merchant yang bergabung di Tokopedia dan tersebar di berbagai pelosok Nusantara. Sebanyak 70% penjual di Tokopedia merupakan pengusaha baru seperti ibu rumah tangga, pekerja kantoran, dan mahasiswa," tukasnya.

Tag: PT Tokopedia, Inna Chandika, Startup, Alibaba Group Holding Limited

Penulis: Dina Kusumaningrum

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Antara/Dhemas Reviyanto