Kamis, 28 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Melihat Peluang Besar, Dokter Ini Memilih Menjadi Pengusaha Sepatu

Foto Berita Melihat Peluang Besar, Dokter Ini Memilih Menjadi Pengusaha Sepatu
WE Entrepreneur, Jakarta -

Bermula dari menjadi reseller sebuah produk sepatu, Novia Rahmawati (28) yang berprofesi sebagai dokter ini ternyata lebih memilih untuk membuat usaha sepatu sendiri. Hal itu dikarenakan besarnya peluang untuk bisnis sepatu di Indonesia yang dilihat Novia.

Hingga awal 2016, Novia yang juga seorang ibu rumah tangga tersebut mengaku belum bisa bekerja sesuai dengan profesinya tersebut, dan mulai melahirkan produk sepatu yang ia beri merek Deliciuoshoes. Menurutnya, kualitas brand?sepatu lokal tidak kalah bagus dengan brand-brand sepatu luar negeri.

"Tinggal kita mengkombinasikan pengrajin yang profesional yang mau terus belajar meningkatkan kualitas? dan menyediakan bahan bahan baku yang premium. Biar hasil sepatunya lebih bisa diterima masayarakat dan bisa bersaing," ungkap Novia kepada Warta Ekonomi beberapa waktu lalu.

Novia pun terus termotivasi sejak menjalankan bisnis sepatu produksinya sendiri. Karena menurutnya, dengan memiliki usaha, dirinya mampu membuka peluang kerja bagi orang lain dan bisa lebih leluasa mengembangkan model sepatu dengan desain-desain yang dirancangnya sendiri.

Seperti pada umumnya, Novia juga kesulitan di awal menjalankan usaha sepatunya. Beberapa kendala ia temukan karena tidak adanya keahlian dasar yang dimiliki Novia dalam berbisnis sepatu. Mulai dari mencari pengrajin sepatu yang profesional sesuai visi dan misi Delicioushoes, mencari bahan baku yang berkualitas, dan berbagai kendala yang umumnya ditemukan seoarang pengusaha pemula.

"Karena di pasaran sangat banyak sekali bahan-bahan baku yang kualitasnya di bawah standar, yang tentunya tidak sesuai dengan visi misi brand saya," jelas Novia.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, kendala-kendala tersebut dipelajari dan dalaminya terus demi membangun brand yang bisa bersaing. Hingga akhirnya, kerja kerasnya pun membuahkan hasil. Novia mendapatkan respon pasar yang sangat bagus. Menurutnya, hal itu karena pengalaman yang sudah dimilikinya dari menjadi reseller merek lain.

"Karena sejak jadi reseller saya sudah mempunyai customer sendiri. Dan customer saya hari ke hari semakin bertambah, dan bahkan banyak yang reorder setiap ada produk baru dari Delicioushoes," jelasnya.

Untuk itu, Novia tidak kesulitan dalam hal pemasaran. Ia pun selalu menyinergikan metode pemasaran online dan offline. Menurutnya, di zaman sekarang ini perkembangan dunia marketing sangatlah cepat sehingga brand fashion harus tetap melakukan pemasaran secara offline. Terlebih untuk ukuran sepatu, konsumen biasanya akan banyak gambling mengenai ukuran meskipun Novia mengaku sudah menyediakan sizechart untuk setiap ukuran sepatu. Untuk itu, Novia bekerja sama dengan butik-butik yang memiliki target market sesuai dengan Delicioushoes.

"Sehingga customer yang mengetahui brand saya secara online bisa datang langsung ke butik tempat produk Delicioushoes bekerja sama," katanya.

Sementara upaya untuk pemasaran online, Novia mulai dari membuat website sendiri dan membangun akun-akun di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Media-media online tersebut baginya ibarat "Toko". Customer bisa bebas melihat produk-produk dan detailnya, dan yang tidak kalah penting adalah iklan serta promosi lainnya seperti paid promote, endorse, dan lain sebagainya akan memudahkan dalam hal pemasaran.

Untuk kualitas produk, Novia selalu mengutamakan tren di pasaran. "Brand Delicioushoes, brand sepatu yang didesain sesuai dengan model terkini dan terus mengikuti tren. Kita mendesain dengan memperhatikan kenyamanan, kualitas, dan harga terjangkau," jelasnya.

Proses produksinya pun dimulai dengan menentukan desain, yang didesainnya sendiri dengan inspirasi dari menyurvei terlebih dahulu tren terkini. Kemudian setelah tahap desain, Novia berkonsultasi langsung dengan kepala pengrajin mengenai jumlah bahan yg dibutuhkan dan ketentuan-ketentuan bahannya untuk model yang akan diproduksi. Setelah mendapatkan data tersebut, Novia langsung memilih bahan baku kepada supplier yang sudah dipercayainya tentang kualitas bahan.

Dalam waktu dekat, Novia berharap bisa mengembangkan bisnisnya dengan memperkuat pemasaran online atau digital marketing, dan mengembangkan website dengan iklan-iklan, begitu juga dengan media sosial.? Sementara untuk pemasaran online lainnya yaitu dengan memperluas kerja sama dengan perusahaan ritel online lain yang sudah berkembang pesat di Indonesia dan Luar Negeri.?

"Memperluas pemasaran offline dengan mengikuti bazar-bazar di mal-mal dan di daerah-daerah. Dan ke depannya, ingin bisa membangun kerja sama dengan perusahaan ritel ternama yang ada di dalam negeri," harapnya.?

Tag: Entrepreneur, Novia Rahmawati, Deliciuoshoes

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Ning Rahayu