Salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs, Steve Wozniak tahu betul pentingnya komunikasi, terutama dalam membangun bisnis. Wozniak memahami itu lantaran ikut mendirikan Apple dengan salah satu komunikator dan pemasar terbesar di dunia teknologi sepanjang masa: Steve Jobs.
Mendiang Jobs telah lama digembar-gemborkan sebagai sosok "jenius" untuk cara dia memasarkan dan menjual produk Apple, yang sebagian besar dirancang dan dibuat oleh Wozniak di masa-masa awal perusahaan.
Tetapi Wozniak memberi tahu CNBC Make It yang dikutip di Jakarta, Selasa (8/3/22) bahwa rekannya tidak selalu menjadi guru pemasaran dan komunikasi, justry itu adalah keterampilan yang harus dikembangkan Jobs untuk mengimbangi lantaran tidak menjadi insinyur komputer yang sangat terampil.
Baca Juga: Warren Buffett Borong Saham Raksasa Minyak, Miliarder Ini Protes Gak Suka, Lho Kenapa?
“Dia belajar banyak prinsip pemasaran karena dia tidak benar-benar mampu, dari segi teknik, Anda tahu, perangkat keras komputer [dan] perangkat lunak,” kata Wozniak tentang Jobs. “Dia harus menemukan area lain untuk menjadikan dirinya penting.”
Tahun lalu, Wozniak mulai membintangi reality show online "Unicorn Hunters" bersama mantan Bendahara AS Rosie Rios dan penyanyi Lance Bass. Di acara itu, dia dan juri lainnya mengajukan penawaran investasi dari pendiri start-up teknologi, dan Wozniak mengatakan dia terkadang kagum melihat betapa tidak efektifnya beberapa pengusaha berkomunikasi.
“Kami melihat banyak penawaran yang agak kasar dan gagap, dan mereka akan kehilangan diri mereka sendiri, dan itu tidak membantu ketika Anda mengajukan penawaran kepada investor,” katanya.
Meski kepribadian Jobs berubah setelah perusahaan makin sukses, namun Wozniak mengatakan bagian penting dari transformasi itu adalah menyaksikan Jobs mengembangkan keterampilan komunikasinya.
“Menjadi komunikator utama dan penentu bisnis utama. Dia sangat bagus dalam hal itu,” kata Wozniak.
Wozniak mengatakan keterampilan Jobs sebagai komunikator dan tenaga penjualan membantu Apple berhasil memasarkan produk seperti iPhone sebagai produk yang mudah digunakan. Smartphone adalah sesuatu yang dapat diterapkan dalam kehidupan Jobs.
“Produk teknologi yang dapat dimengerti di tangan Anda yang tidak akan membingungkan Joe Rata-rata. Anda tidak perlu tahu teknologi [untuk menggunakannya],” ujar Wozniak.
Menurut Wozniak, Jobs bukanlah komunikator alami. Pada tahun 2020, ia mengatakan kepada podcast “Guy Kawasaki's Remarkable People” bahwa dorongan kuat dan tak kenal lelah dari Jobs untuk menjadi komunikator dan pemimpin yang sukses berasal dari keinginannya untuk dikenang sebagai tokoh sejarah yang penting. Dan motivasi itu mendorongnya untuk mengembangkan keterampilan tersebut.
“Terkadang motivasi, menginginkan sesuatu, jauh lebih penting daripada memiliki keterampilan yang sebenarnya,” kata Wozniak.