Sabtu, 17 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Duo Bos Djarum Masuk Daftar 100 Orang Terkaya Dunia Forbes, Harta Kekayaannya Tembus...

Foto Berita Duo Bos Djarum Masuk Daftar 100 Orang Terkaya Dunia Forbes, Harta Kekayaannya Tembus...
WE Entrepreneur, Jakarta -

Duo bos Djarum, Budi Hartono dan Michael Hartono masih bertahan di daftar 100 orang terkaya dunia versi Forbes. Budi Hartono menempati posisi ke-86, sementara Michael Hartono menempati posisi ke-89.

Dalam laporan Forbes terbaru 2021 ini, Hartono bersaudara menjadi dua orang Indonesia yang masuk ke dalam 100 orang terkaya di dunia, sekaligus satu-satunya yang berasal dari Asia Tenggara.

Tercatat, Budi Hartono yang berusia 80 tahun memiliki harta kekayaan mencapai USD20,5 miliar (Rp298 triliun), sementara Michael Hartono harta kekayaannya sebesar USD19,7 miliar (Rp287 triliun).

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Ma Jianrong, Mantan Buruh Pabrik yang Jadi Pengusaha Tekstil

Hartono bersaudara terkenal sebagai pemilik Grup Djarum yang juga menaungi deretan perusahaan, salah satunya PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). PT Djarum merupakan induk dari Djarum Group yang membawahi banyak bisnis. Bisnis tersebut dikelola oleh keluarga Hartono, yang generasi pertamanya adalah Oei Wie Gwan. Selain rokok kretek, Grup Djarum juga memiliki Polytron, Blibli.com, Mola TV, dan lain sebagainya.

Sementara itu, crazy rich lainnya asal Indonesia yang masuk ke dalam orang terkaya Forbes yaitu Prajogo Pangestu di urutan ke-404 dengan kekayaan USD6,5 miliar, Chairul Tanjung di posisi 589 dengan harta USD4,8 miliar, Tahir dan keluarga di posisi 925 dengan kekayaan USD3,3 miliar. Lalu, ada juga Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan jumlah harta USD3 miliar.

Jerry Ng dengan kekayaan sebesar USD2,5 miliar, Theodore Rachmat dengan kekayaan USD1,7 miliar, Mochtar Riady dan keluarga sebesar USD1,7 miliar, dan Djoko Susanto sebesar USD1,7 miliar.

Tag: Robert Budi Hartono, Michael Hartono, PT Djarum Group

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Sufri Yuliardi