Sabtu, 17 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Ketika Bill Gates Ngaku Pakai Android, tapi Curhat Patah Hati Gegara Windows Phone Kalah Telak!

Foto Berita Ketika Bill Gates Ngaku Pakai Android, tapi Curhat Patah Hati Gegara Windows Phone Kalah Telak!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Saat bergabung dalam Clubhouse, Bill Gates menjadi tokoh ternama yang juga berbicara dengan jurnalis Andrew Ross Sorkin. Gates pun membicarakan banyak hal, salah satunya yakni ponsel yang ia gunakan saat ini.

Untuk diketahui, saat ini Clubhouse masih menjadi aplikasi eksklusif untuk iOS, karena itu banyak yang bertanya apakah Gates telah beralih ke produk Apple yang menjadi rival perusahaannya?

"Saya sebenarnya menggunakan ponsel Android," ujar Gates. "Karena saya ingin mengikuti semuanya, saya sering bermain-main dengan iPhone, tapi satu yang sering saya bawa adalah Android," lanjutnya sebagaimana dikutip dari MacRumors, Selasa (2/3/21).

Baca Juga: Sabar! Sebentar Lagi Dunia Akan Kembali Normal, Bill Gates yang Bilang!

Pendiri Microsoft ini rupanya lebih menyukai Android karena ramah terhadap aplikasi Microsoft.

"Beberapa produsen Android memasang software Microsoft yang membuatnya lebih mudah bagiku. Mereka lebih fleksibel tentang bagaimana software terhubung dengan sistem operasi," terang Gates.

"Jadi itulah yang membuat saya akhirnya terbiasa. Banyak teman saya memiliki iPhone, jadi tidak ada yang benar-benar murni," sambungnya.

Namun, Gates memiliki kenangan buruk dengan Android. Pasalnya, kesuksesan Android menjadi kegagalan bagi Windows Phone yang sempat diluncurkan beberapa tahun lalu.

"Kesalahan terbesar (saya) adalah... kesalahan manajemen apapun yang saya lakukan yang menyebabkan Microsoft tidak bisa jadi seperti Android," ujar Gates.

Gates sendiri mengaku bahwa posisi Android yang sukses saat ini adalah posisi yang ingin ditempati oleh Microsoft sebagai pemenang.

Sebagaimana diketahui, Microsoft sempat memiliki Windows Phone bahkan sempat mengakuisisi unit Device and Service Nokia sebesar USD7 miliar. Tapi Microsoft tak bisa menyaingi Android dalam ekosistem yang disebut oleh Gates sebagai sistem operasi yang hanya bisa ditempat non-Apple.

Lebih lanjut, Gates mengatakan bahwa Microsoft mungkin bisa saja menyaingi Android tetapi kurang fokus akibat disibukkan oleh kasus monopoli pada tahun 1998. Namun, Microsoft tetap dominan dalam hal bisnis sistem operasi PC.

"Kami sudah sangat dekat. Aku terlalu terganggu. Aku mengacaukannya karena terdistraksi," sebut Gates, menyesali potensi Windows Mobile tak terpenuhi.

Tag: Bill Gates, Windows Phone, Android

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Eric Vidal