Kamis, 04 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Yayasan Investasi Bill Gates Lepas Saham Alibaba, Uber hingga Apple

Foto Berita Yayasan Investasi Bill Gates Lepas Saham Alibaba, Uber hingga Apple
WE Entrepreneur, Jakarta -

Bill & Melinda Gates Foundation Trust, yayasan milik Bill Gates yang mengelola dana yayasan itu telah melepas sahamnya di Alibaba Group Holding dan Uber Technologies. Mereka juga membagi separuh sahamnya di Apple dan justru meningkatkan investasi di Schrodinger pada kuartal keempat. Perwalian tersebut mengungkapkan perdagangan saham yang diajukan ke Securities and Exchange Commission (SEC).

Dilansir dari Barrons.com di Jakarta, Senin (22/2/21) Trust telah menjual 552.383 tanda terima penyimpanan Alibaba Amerika yang dimilikinya pada akhir kuartal ketiga hingga akhir 2020.

Alibaba berhasil memperoleh 9,7% pada tahun 2020, tetapi sejauh ini pada tahun 2021 hingga penutupan hari Jumat, telah melonjak 13,3%. Alibaba melonjak pada Januari setelah pendiri Jack Ma muncul kembali dalam sebuah video usai dirinya tidak terlihat publik selama berbulan-bulan.

Baca Juga: Bela Donald Trump, Bill Gates Sebut Pembungkaman Sosmed Terlalu Ekstrem!

Trust tidak memiliki banyak raksasa ride-hailing Uber, hanya 26.767 saham, tetapi menjual semuanya pada kuartal keempat. Saham Uber mengalami tahun 2020 yang kuat, melonjak hingga 71,5% berkat unit pengiriman makanan Uber, Uber Eats.

Saham Apple mengalami kenaikan pada tahun 2020, melonjak 80,8%, tetapi pada tahun 2021 telah tergelincir 2,1%. Gates Trust pun menjual 1 juta saham Apple pada kuartal keempat, memotong sebagian kepemilikannya di pembuat iPhone menjadi 1 juta saham.

Penjualan itu pun membuat Gates Trust membeli 2 juta lebih saham Schrodinger untuk mengakhiri tahun 2020 dengan 7 juta saham. Perusahaan tersebut menawarkan platform perangkat lunak yang digunakan dalam proses penemuan obat.

Penawaran umum perdana Schrodinger dihargai USD17 per saham pada Februari 2020. Saham mengakhiri tahun 466% lebih tinggi. Sejauh ini di tahun 2021, saham telah menguat 32,6%.

Tag: Bill Gates, Investasi

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/Bill Gates