Kamis, 22 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Jadi Orang Terkaya Afrika, Harta Aliko Dangote Masih Kalah dari Hartono Bersaudara

Foto Berita Jadi Orang Terkaya Afrika, Harta Aliko Dangote Masih Kalah dari Hartono Bersaudara
WE Entrepreneur, Jakarta -

Nasib menjadi orang kaya tentu menjadi keinginan setiap insan di dunia. Namun, saat melalui tahapan prosesnya tak semua orang ingin melewatinya karena tak semudah membalikkan telapak tangan.

Miliarder di berbagai belahan dunia nampaknya tak terpengaruh dengan adanya krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Mereka tetap berhasil menambah pundi-pundi kekayaannya meski gejolak perekonomian melanda sendi-sendi dunia usaha.

Baca Juga: Orang Terkaya Dunia Serbu Bitcoin, Harga Melambung Hingga Rp620 Juta!

Salah satu contohnya seperti Benua Afrika, banyak miliarder di sana yang kekayaannya bertambah selama tahun 2020. Orang terkaya nomor satu di sana jatuh kepada Aliko Dangote.

Selama 10 tahun berturut-turut, Aliko Dangote menjadi orang terkaya di Benua Afrika. Dilansir dari Forbes, Rabu (10/2/2021), dia tercatat memiliki harta sebanyak US$12,1 miliar atau setara Rp169,4 triliun (mengacu kurs 14.000 per US$).

Pengusaha semen asal Nigeria itu kekayaannya naik sekitar 30% atau US$2 miliar jika dibandingkan dengan tahun lalu. Perusahaannya merupakan produsen semen terbesar di benua tersebut. Dia memiliki 85% saham Semen Dangote yang diperdagangkan secara publik melalui perusahaan induk.

Semen Dangote menghasilkan 45,6 juta metrik ton setiap tahun dan beroperasi di 10 negara di Afrika. Orang terkaya ke-162 di dunia itu juga memiliki saham di perusahaan manufaktur garam dan gula yang diperdagangkan secara publik.

Dia juga membangun sebuah kilang sejak 2016 lalu dan diharapkan menjadi salah satu kilang minyak terbesar di dunia setelah selesai nanti.

Meski begitu, harta yang dimiliki oleh Dangote masih kalah dengan taipan rokok asal Indonesia, yaitu Hartono bersaudara, Budi Hartono dan Michael Hartono. Budi Hartono memiliki kekayaan sebesar US$17,6 miliar atau setara Rp246,4 triliun (mengacu kurs US$ Rp14.000). Bloomberg menempatkan dia sebagai orang terkaya ke-121 di dunia.

Sementara, Michael Hartono mempunyai kekayaan US$16,5 miliar atau setara Rp231 triliun. Michael dan adiknya mewarisi Djarum setelah ayah mereka, Oei Wie Gwan, meninggal pada tahun 1963. Oei Wie Gwan meninggal tidak lama setelah pabrik rokok Djarum terbakar habis.

Mereka membahu mengibarkan bendera Djarum sampai ke luar negeri. Saat ini, Djarum mendominasi pasar rokok kretek di Amerika Serikat, jauh melebihi Gudang Garam dan Sampoerna.

Tag: Robert Budi Hartono, Orang Terkaya, Michael Hartono

Penulis: Redaksi

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Instagram/ahsc82