Selasa, 20 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Facebook Ultah ke-17, Mark Zuckerberg Kenang Momen Bersejarah Ini

Foto Berita Facebook Ultah ke-17, Mark Zuckerberg Kenang Momen Bersejarah Ini
WE Entrepreneur, Jakarta -

Media sosial Facebook pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004 silam oleh Mark Zuckerberg di kamar asramanya di Universitas Harvard. Hari ini, Facebook telah berusia 17 tahun. Banyak layanan dan pencapaian yang berhasil Mark Zuckerberg raih setelah itu. Mulai dari Instagram, WhatsApp, Messenger yang dikendalikan oleh miliarder Zuckerberg menjadi raksasa sosial media.

Mark Zuckerberg mendirikan Facebook tak sendiri. Ada beberapa teman-temannya yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Namun, semua pendiri itu telah meninggalkan Facebook hingga tinggallah Zuckerberg seorang diri. Zuck pun mengenang momen-momen awal berdirinya Facebook.

"17 tahun silam, mahasiswa pertama mendaftar Facebook dan mulai terkoneksi dengan teman-temannya. Ini merupakan perjalanan yang liar sejak itu dan saya ingin berterima kasih pada Anda semua telah menjadi bagian dari komunitas ini," kenang Zuck di akun Facebook.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Akui Terlalu Berkuasa dan Tetap Ingin Kerja Sama di Pemerintahan Biden

"Saya bangga dengan apa yang kami capai bersama-sama dalam 17 tahun terakhir, tapi saya lebih optimistis lagi tentang tahun-tahun mendatang," tambah dia.

Awalnya, Facebook diluncurkan untuk menjadi media sosial mahasiswa. Namun, Zuckerberg sendiri tak menyangka bahwa kemudian Facebook menjadi sebesar sekarang. Bahkan, medsos sekelas Friendster dan MySpace yang dulu berjaya ikut tenggelam karena kehadiran Facebook.

Meski banyaknya kontroversi hingga harus berurusan dengan regulasi, Facebook tetap kokoh berdiri, bahkan tak terlihat menurun dengan berbagai rintangan harus dihadapi. Seperti pada kuartal 4 2020, jumlah pengguna Facebook tembus 2,8 miliar.

Bahkan, WhatsApp hingga Facebook Messenger diganderungi pengguna dengan masing-masing 2 miliar dan 1,3 miliar pengguna. Instagram juga tak mau kalah, 1 miliar pengguna telah bergabung dengan Instagram.

Sebagai pria yang baru berusia 36 tahun, perjalanan Mark Zuckerberg dan Facebook masih sangat panjang. Zuck pun terus berada di peringkat 5 besar orang terkaya di dunia dengan estimasi kekayaan mencapai USD98,1 miliar atau setara dengan Rp1.374 triliun.

(kurs Rp14.011/USD)

Tag: Facebook, Mark Zuckerberg

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Adnan Abidi