Senin, 12 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Iris Fontbana, Janda Terkaya di Chili Berkat Warisan Suami

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Iris Fontbana, Janda Terkaya di Chili Berkat Warisan Suami
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder dan orang terkaya di Chili, Iris Fontbona adalah pengusaha yang juga seorang janda dari Andrónico Luksic Abaroa. Ia mewarisi Antofagasta PLC dan menjadi wanita terkaya ke-8 di dunia dan orang terkaya ke-91 di dunia.

Fontbona memperoleh kekayaannya setelah kematian suaminya, Andrónico Luksic Abaroa, pada tahun 2005 karena kanker.

Fontbona lahir pada tahun 1942 dan bersekolah di sekolah menengah Katolik. Ketika dia berusia 17 tahun, dia bertemu dengan Andrónico Luksic Abaroa yang berusia 15 tahun lebih tua darinya dan menikah dengannya pada saat dia berusia 20 tahun.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Philip Ng, Miliarder Properti Singapura yang Sangat Taat kepada Tuhan

Sebelumnya, Luksic memiliki lima anak dari istri pertamanya, Patricia Lederer, yang telah mendahuluinya. Fontbona menjadi ibu dari Andrónico Luksic Craig ketika dia berusia 7 tahun. Anak laki-laki lainnya adalah Guillermo Luksic, yang meninggal karena kanker paru-paru pada tahun 2013. Pasangan itu memiliki tiga anak sendiri. Seorang putranya, Davor Luksic memiliki beberapa perusahaan offshare di Panama Papers.

Fontbona menghabiskan waktu di tiga tempat tinggal utama, termasuk Vitacura, Santiago, Chili, bersama dengan Belgravia di London, dan di Liechtenstein.

Meski menjadi janda kaya raya, tetapi sebagian besar bisnis suaminya jatuh ke tangan ketiga putra mereka, Guillermo, Jean Paul, dan Andronico. Jean Paul mengelola Antofagasta, grup pertambangan tembaga Luksic Group dan salah satu perusahaan pertambangan terbesar di dunia.

Fontbona dan keluarganya mengendalikan Antofagasta, perusahaan pertambangan yang berbasis di Santiago. Melalui perusahaan publik Quiñenco, mereka mengendalikan Banco de Chile, Madeco, produsen produk tembaga, CCU pembuat bir terbesar di negara itu, dan perusahaan pengiriman, CSAV. CSAV adalah perusahaan pelayaran terbesar ke-16 di dunia yang diukur dengan TEUs. Pada 2013 dan menguasai 65% Antofagasta.

Setelah kematian suaminya, bisnis suaminya di bawah kendali Fontbana berhasil membuat bisnis keluarga mereka tumbuh dan mencapai puncak kesuksesan yang baru.

Salah satu bisnisnya yang lain adalah sepasang jaringan hotel mewah dan resor mewah di Kroasia. Salah satu tindakan besar pertamanya setelah kematian suaminya adalah mengakuisisi 70% saham di stasiun televisi Chili, Canal 13.

Sebagian besar kekuasaannya di perusahaan memang tak terlihat. Tetapi, keputusan bisnis utama yang berdampak pada perusahaan sebagian besar dijalankan oleh putranya, Andrónico Luksic Craig, perlu disetujui oleh Fontbona.

Hari ini, berdasarkan catatan Forbes Real Time Net Worth di Jakarta, Kamis (21/1/21) Iris Fontbana dan keluarganya memiliki harta mencapai USD21,2 miliar atau sekitar Rp297 triliun.

(kurs Rp14.015)

Tag: Iris Fontbona, Kisah Orang Terkaya, Chili

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Pay Space Magazine