Senin, 12 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Update Kondisi Terbaru Jack Ma, Kabarnya Dia...

Foto Berita Update Kondisi Terbaru Jack Ma, Kabarnya Dia...
WE Entrepreneur, Jakarta -

Di tengah laporan hilangnya miliarder China Jack Ma, ketua perusahaan ekuitas swasta Primavera Group, Fred Hu mengatakan bahwa dia yakin Jack Ma aman dan sehat. Untuk saat ini, Jack Ma sedang menenangkan diri.

Dilansir dari Opindia di Jakarta, Selasa (19/1/21) sejak kegagalan IPO Ant, Jack Ma sang pendiri Alibaba dan Ant Group menghilang. Dia tidak terlihat di depan umum sejak Oktober tahun lalu.

Tanpa menjelaskan lebih lanjut, Hu mengatakan dalam sebuah wawancara di konferensi Reuters Next pada hari Rabu bahwa Jack Ma sehat dan baik-baik saja.

Baca Juga: Jack Ma Hampir Sekuat Negara China, Xi Jinping Murka

"Saya yakin dia aman dan sehat. Dia tetap menjadi contoh abadi dari kewirausahaan yang sukses." ujarnya.

Pernyataan Fred Hu menunjukkan bahwa dalam perselisihan Jack Ma dan pemerintah China, miliarder tersebut sedang menenangkan diri.

Pendiri Alibaba, Jack Ma, yang juga mengontrol raksasa e-niaga raksasa Alibaba yang berafiliasi dengan Ant, tidak pernah terlihat di publik sejak bencana IPO Ant. Taipan bisnis itu secara misterius menghilang setelah membuat pernyataan yang meremehkan pemerintah China.

Sebagaimana diketahui, Jack Ma telah mengkritik sistem perbankan China saat ini beserta struktur regulasi keuangan negara yang diperintah Komunis dan bagaimana hal itu tidak sesuai dengan raksasa fintech Jack Ma, Ant Group.

Ucapan kritis Ma terhadap rezim Komunis mengakhiri rencana IPO raksasa fintechnya, Ant Group, pada 3 November tahun lalu, hanya dua hari sebelum dijadwalkan untuk memulai perdagangan.

Beberapa hari setelah pendapatnya yang tidak menyenangkan terhadap otoritas China, Ma dipanggil ke pertemuan dengan pejabat Partai Komunis. Usaha lainnya, Alibaba juga sedang diselidiki atas tuduhan monopoli, sesuai pernyataan yang dikeluarkan oleh pengawasan pasar Partai Komunis China.

Jack Ma belum terlihat sejak Oktober dan terlihat semakin mencolok dengan ketidakhadirannya ketika miliarder itu diganti sebagai juri di final acaranya sendiri dan fotonya dihapus dari halaman web penjurian. Dia juga tidak ditampilkan dalam video promosi.

Dalam laporan, Ma disarankan untuk merangkul pengawasan tersebut. Setelah itu, berbagai spekulasi pun muncul, Ma simpang-siur dikabarkan berada di dalam tahanan. Bloomber juga melaporkan bahwa taipan bisnis tersebut diberitahu oleh rezim China itu untuk tidak meninggalkan negara.

China sendiri telah melegalkan penahanan rahasia pada tahun 2013. Dengan demikian, beberapa orang terkenal dari berbagai lapisan masyarakat termasuk aktris Fan Bingbing, mantan kepala Interpol Meng Hongwei, pengusaha dan investor Guo Guangchang, dan mantan taipan real estate Ren Zhiqiang juga pernah dibuat menghilang. Semuanya, secara misterius muncul kembali setelah beberapa waktu.

Tag: Jack Ma, China (Tiongkok), miliarder, Alibaba Group Holding Limited

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters