Jum'at, 05 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Zhang Yong, Miliarder China yang Justru Jadi Orang Terkaya Singapura

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Zhang Yong, Miliarder China yang Justru Jadi Orang Terkaya Singapura
WE Entrepreneur, Jakarta -

Salah satu orang terkaya di dunia berasal dari Singapura. Ialah Zhang Yong sang maestro restoran Haidilao International Holding Ltd. yang terkenal lewat rantai restoran hot pot HaiDiLao. Menurut laporan hingga akhir 2018, Haidilao Hot Pot memiliki 466 toko yang beroperasi lebih dari seratus kota.

Berdasarkan catatan Forbes Real Time Net Worth, berkat rantai restoran milik Zhang, hartanya kini mencapai USD23,8 miliar atau setara dengan Rp335 triliun.

Zhang Yong merupakan kelahiran tahun 1974 yang lahir miskin di pedesaan China. Saat mulai merintis HaiDiLao, ia meminjam uang dari tiga temannya dan berhenti dari pekerjaan pabrik yang hanya membayarnya USD14 sebulan.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: James Ratcliffe, Miliarder Petrokimia dari Inggris

Ia pun memboyong keluarganya keluar dari China dan tinggal di Singapura. Pada tahun 2018, ia secara resmi menjadi warga negara naturalisasi Singapura. Zhang pernah bercerita bahwa masa kecilnya harus merasakan kemiskinan dan kelaparan.

Karena itulah, sebagian besar karyawan China di restorannya, Haidilao adalah orang-orang dari kota-kota dan pedesaan dengan pendidikan terbatas.

Bisnis yang ia jalani sejak tahun 1994 ini tumbuh di seluruh dunia, mulai dari Amerika, Inggris, Korea Selatan, Jepang, Australia, Kanada, Singapura, dan Malaysia.

Padahal, sewaktu kecil, Zhang hidup susah dan miskin. Meski demikian, ia tetap menyempatkan diri membaca buku-buku international dari perpustakaan daerah. Ia juga pernah bekerja sebagai tukang las di pabrik traktor yang dikelola pemerintah selama enam tahun hingga menghasilkan 93 yuan (USD14) sebulan sebelum akhirnya ia makan hot pot untuk pertama kalinya.

Namun menurutnya, makanan di perusahaan tersebut di bawah standar dan stafnya kasar. Saat meminjam uang di tiga temannya, Zhang berhasil mengumpulan USD1500. Cara Zhang menarik pelanggan adalah dengan konsep four-table restaurant serta camilan gratis dan diskon, ia bahkan mendengarkan keluhan pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Zhang sendiri sebetulnya tidak tahu cara membuat hotpot, karena itulah ia fokus pada pelayanan prima. Saat memulai bisnis, motivasinya hanyalah ingin terlepas dari kemiskinan. Kini, Zhang Yong menjadi orang terkaya di Singapura.

Tag: Zhang Yong, Kisah Orang Terkaya, Singapura

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/Forbes