Jum'at, 05 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Bos Moderna Peringatkan Virus Covid-19 Bakal Ada Selamanya...

Foto Berita Bos Moderna Peringatkan Virus Covid-19 Bakal Ada Selamanya...
WE Entrepreneur, Jakarta -

Bos Moderna, Stephane Bancel yang membuat vaksin Covid-19 memperingatkan bahwa virus corona yang telah menjadi momok menakutkan dunia akan tetap ada selamanya. Pejabat kesehatan masyarakat dan ahli penyakit menular mengatakan ada kemungkinan besar bahwa Covid-19 akan menjadi penyakit endemik, yang berarti penyakit itu akan hadir di masyarakat setiap saat, meskipun kemungkinan pada tingkat yang lebih rendah daripada sekarang.

“Kami akan hidup dengan virus ini, kami pikir, selamanya,” katanya dalam diskusi panel di JPMorgan Healthcare Conference yang dikutip dari CNBC International di Jakarta, Kamis (14/1/21).

Baca Juga: Jutaan Tenaga Kesehatan Akan Suntik Vaksin Covid-19 Gelombang Pertama

Pejabat kesehatan harus memantau varian baru virus, sehingga para ilmuwan dapat memproduksi vaksin untuk melawannya.

Vaksin Moderna menjadi salah satu vaksin yang telah disahkan oleh Food and Drug Administration (BPOM AS) untuk digunakan di Amerika yang berusia 18 tahun ke atas. Studi tambahan masih perlu diselesaikan pada anak-anak, yang sistem kekebalannya dapat merespons vaksin secara berbeda dibandingkan orang dewasa.

Pejabat AS tengah berlomba untuk mendistribusikan dosis kedua vaksin, tetapi kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan sebelum AS dapat memvaksinasi cukup banyak orang untuk mencapai herd immunity, yang berarti virus tidak akan memiliki cukup inang baru untuk disebarkan.

Bancel mengatakan bahwa dia mengharapkan AS akan menjadi salah satu negara besar pertama yang mencapai perlindungan yang memadai terhadap virus. Stephane Bancel merupakan miliarder Prancis yang juga CEO Moderna dan memiliki 9% perusahaan.

Tag: Stephane Bancel, Vaksin Corona, Covid-19

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/UMNCSE