Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Bill Gates Prediksi Pandemi di Tahun 2021, Katanya Kondisi Covid-19 Akan...

Foto Berita Bill Gates Prediksi Pandemi di Tahun 2021, Katanya Kondisi Covid-19 Akan...
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder Bill Gates memprediksi pandemi Covid-19 pada tahun 2021 ini. Menurutnya, kondisi pandemi akan lebih terkendali dan kehidupan bisa mulai kembali normal. Hal ini juga didukung dengan adanya vaksin yang dikembangkan berbagai perusahaan.

"Meskipun masih perlu ada beberapa pembatasan, misalnya pada pertemuan publik besar, jumlah kasus dan kematian akan mulai turun banyak, setidaknya di negara-negara kaya, dan kehidupan akan jauh lebih dekat dengan normal daripada sekarang," ujar Gates dalam blog pribadinya, yang dikutip di Jakarta, Senin (4/1/21).

Gates mengungkap bahwa pengembangan vaksin Covid-19 saat ini sudah sangat cepat. Dalam keadaan normal, bisa memakan waktu hingga 10 tahun, tetapi vaksin Covid-19 berhasil dibuat dalam kurang dari satu tahun.

Baca Juga: Corona Bukan Pandemi Terakhir di Bumi, Begini Prediksi Bill Gates

Adapun dampak dari vaksin Covid-19 menurut Gates bisa mulai terasa secara global pada musim semi 2021. Meski demikian, 3M tetap harus dijalankan yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Saat ini di AS sudah ada dua vaksin yang menerima persetujuan penggunaan darurat yaitu Moderna dan Pfizer-BioNTech. Kedua vaksin ini juga diizinkan penggunaan di Inggris dan sejumlah negara.

"Keberhasilan dua vaksin pertama juga menjadi pertanda baik bagi banyak kandidat lainnya," ujar Gates.

Gates juga mengungkit bahwa dibutuhkan 10 miliar dosis vaksin secara global untuk memutus penularan penyakit. Meski hal ini merupakan tantangan, tetapi bukan berarti hal yang mustahil.

Gates menegaskan bahwa belum ada perusahaan farmasi yang memiliki solusi sempurna untuk pandemi. Namun, sudah ada banyak cara untuk menanggulangi pandemi seperti penggunaan obat dexamethason yang mampu mengurangi kematian sebesar 30 persen dalam kasus yang parah. Dexamethasone telah menjadi standar perawatan dalam kasus-kasus yang para dan menjadi pertanda baik untuk masa depan.

Tag: Covid-19, Bill Gates

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Simon Dawson