Jum'at, 05 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Bill Gates Ungkap Pentingnya Peran Wanita dalam Pendidikan Keuangan bagi Masyarakat

Foto Berita Bill Gates Ungkap Pentingnya Peran Wanita dalam Pendidikan Keuangan bagi Masyarakat
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder Bill Gates mengungkap betapa pentingnya peran wanita dalam memastikan pendidikan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, menurut Gates, pemerintah dan para pebisnis harus serius dalam memberikan akses layanan keuangan dan mengarahkan sumber daya mereka untuk para wanita.

"Ini sangat penting. Manfaat mendapatkan uang di bawah kendalinya berarti uang itu lebih mungkin digunakan untuk nutrisi dan pendidikan dan hal-hal yang akan mendorong keluarga itu keluar dari kemiskinan," ujar Gates yang menambahkan bahwa wanita biasanya bertanggung jawab atas keuangan keluarga.

Dilansir dari CNBC International di Jakarta, Kamis (17/12/2020) melalui organisasinya, Bill and Melinda Gates Foundation, Gates selama beberapa tahun bekerja dengan pemerintah dan bank sentral untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara berkembang.

Baca Juga: Bill Gates Peringatkan Lockdown Hingga 2022: Ratusan Ribu Kematian di Depan Mata

Secara khusus, termasuk memperkenalkan solusi digital. Menurut Gates, hal itu dapat membantu negara-negara itu mengejar atau bahkan melebihi negara-negara maju.

Menurut Forum Ekonomi Dunia, hanya 35% orang di negara berpenghasilan rendah yang memiliki akses ke rekening bank. Itu tak sebanding dengan 58% hingga 73% di negara-negara berpenghasilan menengah ke bawah, dan 94% di negara-negara berpenghasilan tinggi. Dan level wanita lebih rendah dari level yang ada.

"Anda tahu, penting untuk mengingat seberapa jauh kita dari inklusi keuangan universal," ujar Gates mengingatkan.

Untuk itu, yayasan tersebut mendanai solusi identitas digital, seperti MOSIP yang berbasis di India. Sejauh ini, penerimaan terhadap teknologi seperti itu di negara-negara mulai dari Nigeria, Ethiopia hingga Indonesia cukup tinggi. Gates mengatakan, yayasannya bertujuan untuk membawa inklusi keuangan ke dua pertiga dari populasi dunia dalam satu dekade.

Tag: Bill Gates, Keuangan, Finansial

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/thisisbillgates