Rabu, 21 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Selisih Jauh Ratusan Triliun, Harta Kekayaan Hartono Bersaudara Sulit Dikejar!

Foto Berita Selisih Jauh Ratusan Triliun, Harta Kekayaan Hartono Bersaudara Sulit Dikejar!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Majalah Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2020. Akibat pandemi Covid-19, harta kekayaan gabungan para taipan dan konglomerat Indonesia turun 1,2 persen dari USD134,6 miliar menjadi USD133 miliar (Rp1.877 triliun).

Indonesia sendiri juga harus mengalami resesi. Meski demikian, beberapa konglomerat di Indonesia tetap merasakan kekayaannya yang memuncak. Salah satunya adalah duo Hartono Bersaudara yakni R. Budi dan Michael Hartono. Taipan Djarum ini masih menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia dengan kekayaan USD38,8 miliar (Rp547 triliun). Posisi nomor 1 ini dipegang oleh keduanya selama belasan tahun.

Baca Juga: Pandemi Bikin Harta Taipan Indonesia Tergelincir, Bos Emtek Justru Paling Cuan Tahun Ini!

Harta kekayaan Hartono Bersaudara pun sangat jauh untuk dikejar runner up orang terkaya Indonesia yakni Keluarga Widjaja dengan harta kekayaan USD11,9 miliar (Rp167 triliun). Keluarga Widjaja yang kekayaannya berasal dari Sinar Mas ini masih mampu bertahan sebagai orang terkaya kedua di Indonesia.

Harta kekayaan top 3 orang terkaya di Indonesia juga harus turun drastis hingga 21 persen, yaitu Prajogo Pangestu yang harus pasrah bisnis petrokimianya melemah akibat dampak pandemi Covid-19. Hartanya kini 'hanya' mencapai USD6 miliar (Rp84 triliun).

Bisa dilihat bagaimana selisih jauh antara harta Hartono Bersaudara dengan Keluarga Widjaja dan Prajogo Pangestu. Butuh USD26,9 miliar (Rp379 triliun) bagi keluarga Widjaja untuk menyamai hartanya dengan Hartono Bersaudara. Dan butuh USD32,8 miliar (Rp462 triliun) bagi Prajogo Pangestu untuk mengejar kekayaannya dengan Hartono Bersaudara. Wah, angka yang luar biasa ya! (kurs Rp14.115/dolar)

Tag: Forbes, miliarder, Robert Budi Hartono, Michael Hartono

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Sufri Yuliardi