Kamis, 18 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Terbaru! Ini Daftar Lengkap 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Foto Berita Terbaru! Ini Daftar Lengkap 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020
WE Entrepreneur, Jakarta -

Kasus Covid-19 di Indonesia telah melewati angka setengah juta. Indonesia pun menjadi negara dengan kasus terbesar di Asia Tenggara hingga tergelincir ke dalam resesi. Hal itu berdampak besar pada harta kekayaan para orang terkaya RI.

Tetapi, dilansir dari Forbes di Jakarta, Kamis (10/12/2020) taipan Djarum, R. Budi dan Michael Hartono justru mengalami peningkatan kekayaan hingga mencapai USD38,8 miliar (Rp547 triliun). Mereka tetap di posisi pertama selama belasan tahun. Lebih lanjut, berikut daftar lengkap orang terkaya di Indonesia tahun 2020 versi Forbes!

Baca Juga: Pandemi Bikin Harta Taipan Indonesia Tergelincir, Bos Emtek Justru Paling Cuan Tahun Ini!

1. Budi & Michael Hartono

Selama belasan tahun, Hartono bersaudara ini telah merajai puncak orang terkaya Indonesia berkat perusahaan konglomerasinya, Djarum Group. Hari ini kekayaan mereka pun hampir tak terkalahkan oleh siapapun di Indonesia karena mencapai USD38,8 miliar atau setara Rp547 triliun.

2. Widjaja Family

Keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas menambahkan USD2,3 miliar (Rp32 triliun), paling banyak dalam dolar untuk mempertahankan status sebagai orang terkaya kedua di Indonesia. Hari ini harta kekayaan mereka mencapai USD11,9 miliar atau setara Rp167 triliun.

3. Prajogo Pangestu

Meski masih di posisi ketiga, tetapi Prajogo Pangestu harus merasakan pasar petrokimia melemah hingga berdampak pada kekayaannya yang turun 21% menjadi USD6 miliar atau Rp84 triliun.

4. Anthoni Salim

Penerus Salim Group, Anthoni Salim kini merasakan kekayaannya mencapai USD5,9 miliar atau setara Rp83 triliun. Salim Group adalah perusahaan yang terkenal lewat Indomie buatannya. Selain itu, mereka juga menjadi pemegang waralaba KFC di Indonesia melalui PT Fastfood Indonesia Tbk (FAST).

5. Sri Pakash Lohia

Pendiri dan ketua Indorama Corporation, Sri Pakash Lohia harus pasrah terlempar ke posisi 5, sebelumnya pria berdarah India ini berada di posisi 4. Harta kekayaannya kini pun mencapai USD5,6 miliar atau setara Rp79 triliun.

6. Susilo Wonowidjojo

Penerus Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo yang merupakan anak ketiga dari Surya Wonowidjojo. Surya Wonowidjojo merupakan pendiri perusahaan rokok Gudang Garam yang merupakan salah satu industri rokok terkemuka di tanah air yang telah berdiri sejak 1958 di Kota Kediri, Jawa Timur. Hari ini, harta kekayaan Susilo mencapai USD5,3 miliar atau setara Rp74 triliun.

7. Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra Atmadja merupakan kepala grup Mayora, salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia. Biskuit Roma menjadi produk andalannya bersama dengan permen Kopiko. Hari ini, kekayaannya mencapai USD4,3 miliar atau setara Rp60,6triliun.

8. Boenjamin Setiawan

Pandemi membawa cuan di dunia farmasi, hal tersebut ikut dirasakan oleh Boenjamin Setiawan yang merupakan pendiri Kalbe Farma. Hari ini, hartanya mencapai USD4,1 miliar atau setara Rp57,8 triliun.

9. Chairul Tanjung

Pendiri CT Corp, Chairul Tanjung terkenal melalui Trans Retail miliknya dengan toko grosir merek Carrefour dan Transmart. Hari ini kekayaan ayah dari Putri Tanjung ini mencapai USD3,9 miliar atau setara Rp55 triliun.

10. Tahir

Bos Mayapada Group, Tahir merupakan konglomerat di balik bisnis perbankan, rumah sakit dan properti. Hari ini, ia memiliki harta mencapai USD3,3 miliar atau setara Rp46,5 triliun.

Tag: Forbes, Orang Terkaya, Robert Budi Hartono, Michael Hartono

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/ahsc82