Minggu, 17 Januari 2021 Portal Berita Entrepreneur

Tak Lulus SMA, 4 Pengusaha Ini Tetap Sukses Jadi Orang Kaya

Foto Berita Tak Lulus SMA, 4 Pengusaha Ini Tetap Sukses Jadi Orang Kaya
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendidikan tinggi tak selamanya membawa kesuksesan. Hal ini karena sukses dapat diraih oleh kerja keras dan tak pantang menyerah. Banyak orang yang bahkan tak lulus kuliah bahkan tak lulus SMA tetapi sukses menjadi pengusaha bahkan miliarder.

Bahkan, 4 sosok ini terkenal tidak lulus SMA tetapi mereka memiliki harta triliunan rupiah! Siapa saja mereka? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari Business Insider di Jakarta, Selasa (17/11/2020):

Baca Juga: 68 Miliarder Baru Datang dari China, Kekayaannya Makin Melesat Berkat Pandemi!

1. Amancio Ortega

Amancio Ortega hari ini dikenal sebagai pendiri jaringan mode ritel Zara yang berasal dari Spanyol. Ortega diketahui berhenti sekolah pada usia 14 tahun dan mulai menjalankan pekerjaan di sebuah toko lokal.

Bertahun-tahun kemudian, Zara pun lahir dari tangan terampilnya Ortega. Hari ini, Ortega merupakan orang terkaya kedua di Eropa dengan kekayaan mencapai USD70,4 miliar atau setara Rp987,2 triliun.

2. Francois Pinault

Francois Pinault merupakan pendiri grup ritel mewah Kering. Pinault diketahui berhenti sekolah pada usia 11 tahun untuk bekerja di pabrik kayu milik ayahnya. Bahkan, teman-temannya mengejek kondisinya yang miskin. Tetapi hari ini, Pinault adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD33,2 miliar atau Rp465 triliun!

3. Richard Branson

Richard Branson adalah sosok yang terkenal berkat Virgin Group yang ia dirikan. Tak ada yang menyangka bahwa sosok Branson ternyata berhenti sekolah pada usia 16 tahun karena bergelut dengan penyakit disleksia.

Tak lama setelah berhenti sekolah, Branson mendirikan usaha pertamanya yaitu majalah siswa dan akhirnya perusahaan catatan pesanan lewat pos. Selanjutnya, Branson mengembangkan bisnis hingga berdiri label musik Virgin Records.

Kini, Virgin Record berkembang menjadi Virgin Group yang memiliki perusahaan maskapai penerbangan hingga perusahaan antariksa. Tak aneh kekayaan Branson hari ini mencapai USD3,9 miliar atau Rp54,7 triliun.

4. Zhou Qunfei

Miliarder asal Hong Kong, Zhou Qunfei dikenal sebagai pendiri perusahaan Lens Technology yang memproduksi kaca untuk Apple, Samsung hingga Tesla. Tak ada yang menyangka bahwa Zhou keluar dari SMA pada usia 16 tahun untuk bekerja di pabrik lensa jam.

Namun, miliarder ini tetap mengikuti kursus akuntansi pada malam hari. Ia pun menabung hampir 20.000 dollar Hong Kong atau setara sekira Rp35 juta dan membangun pabrik lensa jamnya sendiri.

"Saya menghadapi berbagai kesulitan dan rintangan sebagai pengusaha. Namun, kunci kesuksesan adalah ketekunan, khususnya ketika berada dalam situasi sulit," begitulah kata Zhou.

Tag: Pengusaha, miliarder

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/wealth