Kamis, 29 Oktober 2020 Portal Berita Entrepreneur

Hidup Miskin sampai Jadi Sales Asuransi, Pria Ini Akhirnya Sukses Jadi Miliarder!

Foto Berita Hidup Miskin sampai Jadi Sales Asuransi, Pria Ini Akhirnya Sukses Jadi Miliarder!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menjadi pengusaha bahkan miliarder dunia adalah hal yang tak mudah ditempuh oleh seorang Kenny Troutt. Terlebih, ia memiliki latar belakang sebagai anak yang lahir dari keluarga tak mampu. Namun, ia terus berusaha keras untuk bisa menempuh pendidikan tinggi hingga berhasil jadi miliarder berkat mendirikan perusahaan sendiri.

Kenny Troutt lahir di Mount Vernon, Negara Bagian Illinois, AS pada tahun 1948. Ia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai seorang bartender. Pria yang saat ini berusia 72 tahun itu harus berusaha keras menyelesaikan kuliahnya.

Baca Juga: Pandemi Jadi Berkah, Pria Ini Jadi Miliarder Dunia Berkat Tanda Tangan Elektronik!

Selama kuliah, ia bekerja sebagai sales asuransi. Selain mencari nafkah untuk dirinya sendiri, ia juga memberikan uang tambahan kepada keluarganya yang hidup susah.

Setelah lulus kuliah, ia makin bekerja keras untuk menafkahi keluarganya. Pada tahun 1988, ia pun memiliki kesempatan mendirikan perusahaan sendiri. Perusahaan itu menyediakan layanan telepon jarak jauh bernama Excel Communications. Tak sendiri, Troutt mendirikan perusahaan itu bersama Steve Smith.

Dalam sembilan tahun, perusahaannya memperoleh pendapatan hingga miliaran dolar AS. Excel Communications pun sukses menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di AS, bahkan lebih cepat dari Microsoft yang didirikan Bill Gates.

Akhirnya pada tahun 1996, Excel Communications sukses melantai di Bursa Efek New York. Perusahaannya pun sukses menjadi perusahaan termuda yang sukses melantai di NYSE. Hingga pada 1998, Excel mengakuisisi Telco Communications Group yang akhirnya dijual kepada Teleglobe.

Melalui aksi tersebut, Troutt dan Smith memperoleh uang sebesar USD3,5 miliar. Keduanya pun langsung menjadi miliarder dalam semalam.

Meski demikian, Troutt pun masih menjabat sebagai CEO Excel Communication hingga ia memilih pensiun pada 20 September 1999.

Kini, meski telah pensiun Forbes tetap mencatat Troutt sebagai pengusaha terkaya di AS. Kekayaannya mencapai USD1,5 miliar atau Rp22 triliun.

Keisbukan Troutt saat ini adalah mengelola peternakan yang bernama WinStar Farm seluas 2.400 hektare (Ha) di Versailles, Kentucky. Sementara, ia tinggal bersama istrinya, Lisa E. Copeland dan ketiga anaknya di sebuah perkebunan di Dallas, Texas.

Tag: Kenny Troutt, miliarder, Amerika Serikat (AS)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/RyanDriskill