Kamis, 29 Oktober 2020 Portal Berita Entrepreneur

10 Orang Terkaya China, Jack Ma Bukan Lagi yang Pertama

Foto Berita 10 Orang Terkaya China, Jack Ma Bukan Lagi yang Pertama
WE Entrepreneur, Jakarta -

Posisi para orang terkaya di China terus bergeser. Belum lama ini, Jack Ma sang pendiri Alibaba telah tergeser dari posisinya sebagai orang terkaya di Negeri Tirai Bambu itu. Posisi Jack Ma direbut oleh Zhong Shanshan, seorang pengusaha air minum kemasan yang tidak lulus sekolah dasar.

Setidaknya, itulah data menurut Bloomberg Billionaires Index yang dikutip di Jakarta, Selasa (29/9/2020). Dalam daftar 500 orang terkaya itu, Zhong Shanshan menduduki peringkat ke-18 orang terkaya dunia, satu level di atas Jack Ma. Berikut 10 daftar orang terkaya China:

Baca Juga: Bye Jack Ma! Juragan Air Ini Jadi Orang Terkaya di China dan Kedua di Asia!

1. Zhong Shanshan

Zhong Shanshan adalah pendiri air dalam botol kemasan dan galon Nongfu Spring. Ia juga mengetuai perusahaan farmasi Beijing Wantai Biological Pharmacy yang sedang mengembangkan vaksin virus Corona (COVID-19). Tak heran kekayaan Zhong saat ini mencapai USD56,6 miliar atau Rp843,5 triliun.

2. Jack Ma

Setelah sebelumnya merajai puncak orang terkaya di China, pendiri Grup Alibaba Jack Ma harus rela kekayaannya disalip oleh Zhong. Kini, Jack Ma memiliki total kekayaan saat ini mencapai USD56,3 miliar atau Rp839 triliun.

3. Pony Ma Huateng

CEO raksasa teknologi Tencent juga sempat mengecap posisi sebagai orang terkaya di China. Namun kini, ia harus pasrah di posisi ketiga dengan total kekayaan USD50,8 miliar atau Rp757 triliun.

4. William Ding

CEO perusahaan teknologi internet NetEase, William Ding duduk di posisi keempat dengan total kekayaan USD28,3 miliar atau Rp421 triliun.

5. He Xiangjian

Raksasa produksen barang elektronik China, Mideo Group yang diketuai oleh He Ziangjian berada di posisi kelima orang terkaya China dengan total kekayaan USD27,6 miliar atau Rp411 triliun.

6. Yang Huiyan

Yang Huiyan menjadi wanita terkaya China. Ia adalah pemimpin perusahaan pengembang real estate Country Garden Holdings. Total kekayaannya mencapai USD27,1 miliar atau Rp403 triliun.

7. Colin Huang

Pendiri e-commerce Pinduoduo sempat merasakan kekayaannya meroket. Namun kini, ia harus pasrah di posisi ketujuh dengan total kekayaan USD26,5 miliar atau Rp394 triliun.

8. Hui Ka Yan

Ketua dan pemilik saham terbesar di perusahaan real estat China Evergrande Group, Hui Ka Yan berada di posisi ke-8 dengan total kekayaan USD23,7 miliar atau Rp353 triliun.

9. Pang Kang

Pang Kang adalah pengusaha miliarder Tiongkok, dan ketua Foshan Haitian Flavouring & Food Co. Ia menjadi orang terkaya ke-9 di China dengan total kekayaan USD23,2 miliar atau Rp345 triliun.

10. Zhang Zhidong

Zhang Zhidong, adalah co-founder sekaligus pemegang saham individu terbesar kedua Tencent Holdings. Ia berada diposisi ke-10 dengan total kekayaan USD21,7 miliar atau Rp323,39 triliun.

Tag: Orang Terkaya, China (Tiongkok), Jack Ma, Zhong Shanshan

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters