Kamis, 29 Oktober 2020 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Sukses Keluarga Hilton Bangun Gurita Bisnis yang Tak Habis Dimakan Masa

Foto Berita Kisah Sukses Keluarga Hilton Bangun Gurita Bisnis yang Tak Habis Dimakan Masa
WE Entrepreneur, Jakarta -

Nama Paris Hilton mungkin tak asing di telinga semua orang di dunia. Pasalnya, hampir setiap orang mengenal aktris Hollywood itu. Memiliki nama belakang Hilton, Paris akan tetap kaya raya berkat guyuran harta dari kakek buyutnya, Conrad Hilton.

Conrad Hilton hidup hampir selama satu abad sehingga menjadi pebisnis dan pengusaha sukses di Amerika Serikat (AS). Bisnis perhotelan adalah bisnis raksasa yang ia bangun dan mendulang cuan bahkan untuk anak cucunya.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Masayoshi Son, Bos SoftBank yang Juga Angel Investor

Namun, kekayaannya tak membuat anak cucunya manja. Seperti Paris Hilton yang selalu bekerja keras dan malah konon terbebani dengan hama belakang Hilton yang ia miliki.

Selain itu, Willian Barron Hilton, anak kedua dari pernikahan pertama Conrad Hilton bahkan berhasil mendirikan 2.300 hotel di Amerika Serikat (AS) selama masa kepemimpinannya di Conrad Hotels, label yang didirikannya.

Conrad Hilton lahir pada 25 Desember 1887 di San Antonio, New Mexico. Sejatinya sejak lahir, Conrad Hilton merupakan anak dari pengusaha lokal di negaranya. Hilton pun mengambil alih toko ayahnya pada usia 21 tahun dan terjun ke dunia politik sebagai anggota legislatif.

Pada usia 27 tahun, Hilton pernah terlibat dalam Perang Dunia ke-1. Usai perang, ia kembali ke San Antonio dan mulai berbisnis dengan membeli Mobley Hotel in Cisco pada 1919.

Beberapa tahun kemudian dia membeli sejumlah hotel di Texas. Tingginya prospek hotel membuat Hilton makin berambisi mengembangkan bisnisnya. Meski sempat dihantam krisis keuangan dalam masa The Great Depression, Hilton tetap mampu membangun kerajaan bisnisnya di bidang perhotelan.

Hingga pada tahun 1925, Hilton sukses membuka hotel pertamanya dengan nama Dallas Hilton. Dua tahun kemudian, Hilton melakukan ekspansi ke Waco, Texas dan mendirikan hotel yang dilengkapi pendingin ruangan dan air dingin di area publik.

Dalam melakoni bisnisnya, Conrad Hilton percaya setiap hotel harus punya gayanya sendiri. Dia lalu membeli hotel Roosevelt dan Plaza di New York. Lewat pembeliannya itu, Hilton menjadi pengusaha pertama yang memiliki hotel lepas pantai di AS.

Hingga pada tahun 1946, Hilton membentuk korporasi bernama Hilton Hotels Corporation dan menjadi hotel pertama yang melantai bursa saham di New York. Setahun kemudian, Roosevelt Hilton menjadi hotel pertama di dunia yang menyediakan fasilitas TV di kamar tamu.

Tak puas menguasai Amerika, Hilton mulai berekspansi ke luar negeri. Hilton pun lalu mengganti nama perusahaannya menjadi Hilton International Company.

Conrad Hilton wafat di usia 91 tahun. Lewat bisnis perhotelan raksasa miliknya, kisahnya masih terkenang hingga sekarang. Dan perusahaannya, Hilton International Company diteruskan oleh anak kedua dari pernikahan pertamanya, William Barron Hilton.

Di bawah kepemimpinan William Barron Hilton, pada tahun 1979 bisnis perhotelan keluarga Hilton tercatat memiliki 2.300 hotel, 70 ribu pegawai dan menjadi salah satu industri perhotelah terbesar di AS. Meski sempat kesulitan masuk ke pasar asing, William lantas membangun bisnis perhotelan lain bernama Conrad Hotels & Resorts.

Conrad yang diambil dari nama ayahnya menjadi label hotel dan resort mewah di seluruh pelosok dunia. Selain William, seluruh anak dan cucu Hilton juga memegang sejumlah hotel keluarga di beberapa negara. Pada 2009, Hilton Hotels memiliki cabang di 76 negara dan menjadikannya sebagai merek hotel terbesar di dunia.

Sosok sukses lainnya dari keluarga Hilton adalah Paris Hilton. Artis Hollywood ternama ini mengakui sejak kecil memiliki hidup yang mewah. Namun, ia menegaskan bahwa dirinya bukan anak yang manja.

Selain menjadi artis papan atas, ia juga berhasil membangun kerajaan fashion milik sendiri. Paris Hilton tercatat telah membuka lebih dari 44 butik di banyak negara.

Selain Paris, adiknya Nicholai Olivia Hilton yang akrab disapa Nicky juga berhasil mendirikan hotel sendiri tanpa bantuan uang sedikitpun dari ayah dan ibunya yang merupakan anak dari William Barron.

Faktanya, pembangunan proyek hotel Nicky di Miami sukses besar. Kesuksesan keluarga Hilton inilah yang membawa kekayaan keluarga tersebut seakan tak ada habisnya.

Tag: Kisah Sukses, Paris Hilton, Conrad Hilton

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/ParisHilton