Senin, 21 September 2020 Portal Berita Entrepreneur

Sekda DKI Saefullah Wafat Akibat Covid-19, Ini Perjalanan Hidupnya

Foto Berita Sekda DKI Saefullah Wafat Akibat Covid-19, Ini Perjalanan Hidupnya
WE Entrepreneur, Jakarta -

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah setelah sebelumnya dikonfirmasi kritis akibat virus corona (COVID-19), kini dikabarkan telah meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengabarkan melalui Instagram pribadinya.

"Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Telah dipanggil pulang ke rahmatullah Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 di RSPAD-GS," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini. 

Baca Juga: Innalillahi, Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia karena Covid-19

Anies menyebutkan bahwa Sekda DKI Saefullah merupakan orang yang baik, soleh dan bekerja keras dalam mengemban amanah. 

Karena itulah Anies mengajak kepada semua masyarakat untuk mendoakan almarhum dan melaksakan salat ghaib.

Pemilik nama lengkap Dr. H. Saefullah, S.Pd., M.Pd. ini lebih dikenal dengan nama Bang Ipul. Ia lahir di Sungai Kendal, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, pada 11 Februari 1964. Almarhum wafat di usia 56 tahun. 

Saefullah menjadi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta sejak 11 Juli 2014. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat periode 2008—2014.

Saefullah meninggal dunia dengan meninggalkan satu orang istri bernama Rusmiati dan empat anaknya. Almarhum merupakan sarjana dari IKIP Muhammadiyah Jakarta pada tahun 1988, melanjutkan jenjang S2 di Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2000. Gelar S3 pun Saefullah dapatkan di Universitas Padjajaran Bandung tahun 2009.

Saefullah terkenal aktif dalam jagat pendidikan. Terlihat dari pengalaman organisasi dan jabatannya. Saefullah pernah menjadi Kepala Sudin Pendidikan Dasar Jakarta Barat (2003-2004), Kepala Subdinas SLTP, DKI Jakarta (2004-2008), Wakil Kepala Dinas Pendidikan Dasar, DKI Jakarta (2008) dan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, DKI Jakarta (2009-2010).

Pada tahun 2008-2014, Saefullah telah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat. Lalu sejak 2014, ia menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Saefullah juga aktif dalam kegiatan organisasi. Ia pernah menjadi Ketua I Karang Taruna, Anggota AMPI, Anggota PGRI, Pengurus PMI, Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia dan terakhir tercatat sebagai Ketua PWNU DKI Jakarta.

Semoga almarhum Saefullah meninggal dengan tenang, seluruh dosanya diampuni Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Aamiin.

Tag: Saefullah, Sekda, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/aniesbaswedan