Senin, 21 September 2020 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Leonid Mikhelson, Oligarki Gas Alam Rusia

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Leonid Mikhelson, Oligarki Gas Alam Rusia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Salah satu orang terkaya di Rusia, Leonid Mikhelson merupakan pendiri dan ketua produsen gas alam Novatek. Menurut Forbes Real Time Net Worth, ia adalah orang terkaya ke-48 dunia dengan total kekayaan mencapai USD21,8 miliar (Rp323 triliun).

Leonid Mikhelson lahir 11 Agustus 1955 di Kaspiysk dari keluarga Yahudi. Mikhelson memulai karirnya sebagai insinyur setelah lulus dengan gelar Teknik Sipil Industri dari Institut Teknik Sipil Samara pada tahun 1977.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Takemitsu Takizaki, Miliarder Pemasok Komponen Elektronik

Sebelum mendirikan perusahaan, ia bekerja sebagai mandor di sebuah perusahaan konstruksi dan perakitan di daerah Tyumen, Siberia. Salah satu proyek awalnya adalah mengerjakan pipa gas Urengoi-Chelyabinsk. Pada tahun 1985, ia diangkat sebagai Chief Engineer Ryazantruboprovodstroy.

Pada tahun 1987, ia menjadi Direktur Umum Kuibishevtruboprovodstroy. Pada tahun 1991, Kuibishevtruboprovodstroy adalah salah satu perusahaan pertama yang menjalani privatisasi setelah pembubaran Uni Soviet.

Pada tahun 1994, Mikhelson pun memulai perusahaan yang saat ini dikenal sebagai Novatek. Sebelum menjadi Novatek, nama perusahaan tersebut adalah OAO FIK Novafininvest dan Mikhelson menjabat sebagai CEO hingga saat ini.

Selain itu, dari 2008 hingga 2010 Mikhelson juga menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi OAO Stroytransgas dan OOO Art Finance. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi ZAO SIBUR dan menjabat di Dewan Pengawas OAO Bank Pembangunan Regional Rusia.

SIBUR sendiri adalah perusahaan pemrosesan gas dan petrokimia yang mengoperasikan 26 lokasi produksi di seluruh Rusia dengan kantor pusat di Moskow. Mikhelson memiliki 57,5% saham di Sibur, serta 25% saham Novatek. Selain itu, ia juga memiliki megayacht Pacific.

Pada 2017, Mikhelson membeli 17% saham di perusahaan petrokimia Sibur dari Kirill Shamalov, mantan menantu Putin yang dilaporkan, meningkatkan kepemilikannya menjadi 48%.

Rekannya di Novatek dan Sibur adalah Gennady Timchenko, seorang miliarder yang dikatakan memiliki hubungan dekat dengan Presiden Vladimir Putin. Pada 2013, Mikhelson dan Timchenko menjual 12% Sibur kepada mitra manajemen.

Mikhelson sendiri telah menikah dan memiliki dua anak. Ia tinggal di Moskow dan putrinya, Victoria kuliah jurusan sejarah seni di Universitas New York dan Institut Courtauld London.

Mikhelson dan perusahaannya, Novatek adalah sponsor utama Persatuan Sepak Bola Rusia. Mikhelson adalah salah satu dari banyak oligarki Rusia yang disebutkan dalam Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA) yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Donald Trump pada tahun 2017.

Tag: Leonid Mikhelson, Kisah Orang Terkaya

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: The Moscow Times/Kremlin