Minggu, 20 September 2020 Portal Berita Entrepreneur

Mantap! Warren Buffett Kenalkan Bos Wanita Pertama Perusahaannya

Foto Berita Mantap! Warren Buffett Kenalkan Bos Wanita Pertama Perusahaannya
WE Entrepreneur, Jakarta -

Perusahaan operator kereta api terbesar di Amerika Utara yang dimiliki oleh Berkshire Hathaway Inc milik Warren Buffett telah menunjuk Kathryn Farmer sebagai CEO baru menggantikan Carl Ice, yang memimpin perusahaan tersebut sejak 2013.

Dilansir dari Fox Business di Jakarta, Selasa (15/9/2020) melalui penunjukan ini Farmer menjadi wanita pertama yang memimpin perusahaan kereta api bernama BNSF ini. Reuters melaporkan, Farmer sudah bekerja di BNSF selama 28 tahun, jabatan terakhirnya adalah EVP operasional perusahaan.

Baca Juga: Kekayaan 12 Miliarder Ini Lampaui PDB Belgia, Analis: Mereka Selusin Oligarki

Farmer, yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden eksekutif operasi perusahaan, akan mengambil peran kepala eksekutif dan presiden pada 1 Januari 2021. Sementara itu, Carl Ice akan pensiun pada akhir 2020, tetapi akan tetap berada di dewan perusahaan.

"Carl (Ice) sangat penting bagi keberhasilan BNSF untuk waktu yang sangat lama. Saya berterima kasih atas kepemimpinan dan prestasinya," ujar CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett dalam sebuah pernyataan.

"Kami menantikan kepemimpinan Katie (Kathryn Farmer) dan lebih banyak kesuksesan. Dia memiliki semua kualitas yang membuat kami bersemangat tentang masa depan." tambah Buffett lagi.

Buffett menyebut Katie adalah wanita yang penuh semangat dan berkualitas tinggi dalam pekerjaannya.

BNSF merupakan salah satu unit usaha terbesar Berkshier dan menghasilkan USD5,48 miliar (Rp81 triliun) atau berkontribusi 23% dari laba operasional dan menyumbang 9% pendapatan pada 2019 lalu.

Sementara pada kuartal II tahun ini, laba perusahaan turun 15%, pendapatan perusahaan turun 22% dibandingkan tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19.

Tag: Warren Edward Buffett, Berkshire Hathaway Inc

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters