Senin, 21 September 2020 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Beate Heister, Pewaris Ritel Terbesar Jerman

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Beate Heister, Pewaris Ritel Terbesar Jerman
WE Entrepreneur, Jakarta -

Sebagai pewaris ritel dan supermarket terbesar di Jerman, Beate Heister jarang diketahui publik. Kehidupannya sangat tertutup dari media, meski ia terkenal sebagai orang terkaya ke-23 dunia versi Majalah Forbes.

Beate Heister adalah anak perempuan dari pendiri ALDI, Karl Albrecht. ALDI sendiri merupakan merek umum dari dua jaringan supermarket diskon dengan lebih dari 10.000 toko di 20 negara dan perkiraan omset gabungan lebih dari 50 miliar euro.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: MacKenzie Scott, Mantan Istri Jeff Bezos

Rantai ritel ini didirikan oleh Karl dan saudaranya Theo Albrecht pada tahun 1946 ketika mereka mengambil alih toko ibu mereka di Essen.

Karl adalah ayah dari Beate yang lahir pada tanggal 20 Februari 1920 di Essen, Provinsi Rhine, Republik Weimar. Ia dikenal sebagai pengusaha, pebisnis hebat, dan salah satu orang terkaya di Jerman. Di awal karirnya, Karl bekerja magang di toko grosir yang dimiliki ibunya.

Dia mengambil toko dengan bantuan saudaranya dan mengubah kondisi kerja. Bisnis itu pun sukses besar dan membuat orang pada saat itu menyukainya.

Karl pun mampu membuat bisnisnya mendunia. Pada tahun 1994 Karl mengambil kursi utama Perusahaan dan menjadi ketua dewan direksi. Itu adalah perjalanan yang sulit bagi Karl untuk meningkatkan standar perusahaan. Dia menghembuskan nafas terakhir pada 16 Juli 2014 di Essen Jerman.

Beate menikah dengan Peter Heister. Persatuan mereka telah diberkati dengan enam anak. Salah satu putranya, Peter Max Heister, semuanya duduk di dewan penasihat Aldi. Kehidupan pribadinya sangat tertutup dan misterius sehingga tidak banyak yang diketahui media tentang suami atau anak-anak lainnya.

Beate telah menikmati karir yang panjang di bidang bisnis. Melalui penghasilan dari pekerjaannya sebagai pengusaha wanita, ia mampu mengumpulkan kekayaan yang luar biasa. Beate diperkirakan memiliki kekayaan bersih sekitar USD41,3 miliar (Rp605 triliun) menurut catatan Forbes.

Sayangnya, bisnis ALDI dipecah menjadi dua kelompok terpisah pada tahun 1960, yang kemudian menjadi Aldi Nord, yang berkantor pusat di Essen, dan Aldi Süd, yang berkantor pusat di Mülheim.

Pada tahun 1962, mereka memperkenalkan nama Aldi In Jerman, Aldi Nord dan Aldi Süd telah terpisah secara finansial dan hukum sejak tahun 1966, meskipun nama kedua divisi tersebut mungkin tampak seolah-olah mereka adalah satu perusahaan. Sementara itu, nama bisnis formal mereka adalah Aldi Einkauf GmbH & Compagnie, oHG.

Tag: Beate Heister, Kisah Orang Terkaya

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/smactechindia