Kamis, 01 Oktober 2020 Portal Berita Entrepreneur

Bill Gates Minta Tegur Orang yang Gak Pakai Masker, Kata Ahli...

Foto Berita Bill Gates Minta Tegur Orang yang Gak Pakai Masker, Kata Ahli...
WE Entrepreneur, Jakarta -

Masker dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk dapat mencegah penularan virus corona. Hal tersebut juga digaungkan oleh miliarder sekelas Bill Gates. Ia bahkan menyarankan masyarakat untuk berani menegur siapapun yang tidak mengenakan masker.

"Daripada memaksa orang memakai masker, yang perlu Anda lakukan saat berada di luar rumah dan melihat orang tak mengenakan masker, tegur saja langsung, bahwa itu salah," ujarnya seperti dikutip dari CNBC International di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Baca Juga: Bill Gates: Musim Panas Akan Jinakkan Corona, Asal Warganya...

Menurut Bill Gates, kita harus membuat orang lain paham bahwa menghadapi virus ini bersama akan lebih berhasil dibandingkan memberi sanksi atau denda.

"Anda harus menyampaikan pesan ini pada siapa saja dan sayangnya Amerika Serikat belum sampai ke sana," katanya.

Namun, pakar epidemiologi dan profesor di Harvard Medical School Julia Marcus mengatakan cara tersebut kurang tepat.

Menurut peneliti di pusat penelitian HIV ini, menegur orang lain di mana saja justru dapat menjadi tindakan yang kurang bertanggungjawab atau egois.

"Walau sah-sah saja meminta orang lain mengenakan masker jika Anda memang tidak dapat berjauhan, saya rasa perlu hati-hati menegur orang lain, yang justru bisa jadi membuat orang tersebut semakin abai dan acuh," terang Marcus.

Menurutnya, hal itu akan membuat orang merasa malu setelah ditegur sehingga menjadi penghalang dalam urusan kesehatan publik. Dibandingkan menegur dan mempermalukan orang yang tidak mengenakan masker, Marcus menyarankan cara lain.

"Anda bisa berkata seperti, tolong memakai masker jika Anda berada di sekitar saya," ujarnya.

Hal itu menjadi salah satu taktik yang juga digunakannya saat mengingatkan orang untuk menggunakan kondom saat krisis AIDS.

Adapun taktik lain yang digunakan adalah dengan memastikan masker selalu tersedia di berbagai tempat kapanpun masyarakat membutuhkannya.

Sementara itu, profesor hukum yang fokus pada hukum yang menyangkkut kesehatan publik Aziza Ahmed mengatakan, tak apa memberikan sedikit tekanan sosial pada masyarakat. Namun tidak harus menegur orang asing yang tak kenal.

"Gagasan yang baik untuk mengingatkan tetangga dan teman memakai masker dan menjaga jarak. Tapi menegur orang lain yang tak dikenal adalah hal berbeda. Orang yang dikenal jelas akan cenderung mendengarkan," tutur Ahmed.

Tag: Bill Gates, Virus Corona

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Bankrate