Senin, 21 September 2020 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Julia Koch, Wanita Terkaya Kedua di AS

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Julia Koch, Wanita Terkaya Kedua di AS
WE Entrepreneur, Jakarta -

Istri almarhum David Koch, Julia Flesher Koch adalah salah satu wanita terkaya di dunia. Sebagai orang terkaya ke-18 di dunia, Julia merupakan wanita terkaya kedua di AS setelah Alice Walton, anak dari pendiri Wal-Mart.

David Koch meninggal tahun lalu pada Agustus 2019 di usia 79 tahun. Forbes memperkirakan kekayaan Julia Koch sekitar USD44,9 miliar (Rp659 triliun) yang membuatnya menjadi wanita terkaya ketiga di dunia setelah Alice Walton dan Francoise Bettencourt Meyers.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Alice Walton Sang Wanita Terkaya di Dunia

Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Senin (3/8/2020) David Koch juga meninggalkan setidaknya USD143 juta (Rp2,1 triliun) real estat di New York City, Hamptons, Aspen, dan Florida, tetapi nasib properti-properti itu setelah kematiannya tidak diketahui.

Julia Koch menikah dengan David Koch selama 23 tahun. Setelah kematian suaminya, Flesher Koch menjadi salah satu wanita terkaya di dunia karena mewarisi 42 persen saham Koch Industries.

Seorang juru bicara Koch Industries mengatakan kepada Business Insider bahwa saham perusahaan Koch tetap bersama keluarga setelah kematiannya.

Julia lahir dan besar di Iowa, ia pindah ke New York pada tahun 1984 dan menjadi bagian dari kancah masyarakat kelas atas. Pada awal 1990-an, ia difoto di acara-acara terkenal seperti pembukaan Pameran Museum Kostum Metropolitan Museum of Art. Saat itu, ia bekerja sebagai asisten perancang busana Adolfo.

Julia Flesher Koch bertemu David Koch pada kencan buta yang dibuat oleh teman-teman mereka pada Januari 1991. Meski awalnya mereka tak cocok namun enam bulan kemudian, mereka bertemu lagi dan mulai berkencan.

Setelah lima tahun berpacaran, mereka menikah pada Mei 1996 di rumah Koch di Hamptons. Pada tahun 1998, editor Vogue memilih Julia Koch untuk melayani sebagai co-chairwoman untuk Met Gala tahun itu.

Pasangan New York memiliki tiga anak bersama David Jr., Mary Julia, dan John Mark. Selama bertahun-tahun, mereka tinggal di sebuah apartemen Fifth Avenue yang pernah dimiliki oleh mantan ibu negara Jacqueline Kennedy Onassis yang dibeli Koch pada 1995 dengan harga USD9,5 juta (Rp139 juta saat ini).

Saat ini, Julia Koch merupakan presiden David H. Koch Foundation, yang telah memberikan lebih dari USD200 juta (Rp2,9 triliun) untuk berbagai penyebab termasuk penelitian ilmu pengetahuan dan medis, pendidikan, dan seni, menurut situs webnya.

Sebelum dia menjadi presiden dari yayasan almarhum suaminya, Julia Koch sebelumnya menjabat sebagai Dewan Direksi untuk School of American Ballet. Dia juga memimpin acara untuk Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering, Penelitian & Pendidikan Alergi Makanan, dan Teater Balet Amerika.

Tag: Julia Flesher Koch (Julia Koch), Kisah Orang Terkaya

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Istimewa