Senin, 28 September 2020 Portal Berita Entrepreneur

Mantan Istri Bezos Ganti Nama, Tunaikan Janji Lewat Donasi Rp25 T

Foto Berita Mantan Istri Bezos Ganti Nama, Tunaikan Janji Lewat Donasi Rp25 T
WE Entrepreneur, Jakarta -

Mantan istri Jeff Bezos sang orang terkaya dunia, MacKenzie Scott yang sebelumnya bernama MacKenzie Bezos, baru saja menyumbangkan hampir USD1,7 miliar (Rp25 triliun) dari kekayaannya.

Donasi tersebut diberikan kepada berbagai organisasi dan memenuhi janjinya tahun lalu untuk memberikan sebagian besar hartanya dari pembagian harta dengan mantan suaminya, Jeff Bezos.

Dilansir dari CNN International di Jakarta, Senin (3/8/2020) pada saat mengumumkan donasi tersebut, Mackenzie juga mengumumkan telah mengganti nama 'Bezos'-nya menjadi 'Scott'.

Baca Juga: Sultan dari Sultan, Harta Jeff Bezos Kalahkan APBN Indonesia

Sebagaimana diketahui, Mackenzie telah menerima seperempat saham Bezos di Amazon dalam penyelesaian perceraian pasangan itu tahun lalu, memberinya 4% saham yang bernilai lebih dari US 35 miliar (Rp514 triliun pada saat itu. Kekayaan bersihnya saat ini diperkirakan sekitar USD60 miliar (Rp882 triliun), menurut Bloomberg Billionaire's Index.

Sumbangan sebesar USD1,7 miliar ini disebar di 116 organisasi yang berfokus pada satu dari sembilan bidang kebutuhan, termasuk ekuitas ras, ekuitas LGBTQ +, demokrasi fungsional, dan perubahan iklim.

Di antara organisasi yang didukungnya adalah Dana Pertahanan dan Pendidikan Hukum NAACP, Yayasan Obama, Pusat Presidensial George W. Bush, RAINN dan Yayasan Iklim Eropa.

Scott juga menandatangani inisiatif Pemberian Ikrar tahun lalu. Inisiatif yang diluncurkan oleh Warren Buffett dan Bill dan Melinda Gates, mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk mendedikasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk tujuan amal, baik selama masa hidup mereka atau dalam wasiat mereka.

Bezos, orang terkaya di dunia, sebelumnya telah dikritik karena tidak berkontribusi lebih banyak dari kekayaannya untuk filantropi, tetapi telah menyumbangkan miliaran dolar dalam beberapa tahun terakhir termasuk perubahan iklim dan food bank di AS. Namun, Bezos belum menandatangani Giving Pledge.

Tag: Jeff Bezos, MacKenzie Bezos (MacKenzie Scott)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/Forbes