Senin, 10 Agustus 2020 Portal Berita Entrepreneur

Sultan! Kekayaan Jeff Bezos Kini Setara dengan Selandia Baru

Foto Berita Sultan! Kekayaan Jeff Bezos Kini Setara dengan Selandia Baru
WE Entrepreneur, Jakarta -

Di saat pemerintah di seluruh dunia memeras utang untuk membayar pandemi, bos Amazon Jeff Bezos telah menghasilkan AUD19 miliar (Rp197 triliun) dalam satu hari. Kekayaannya saat ini, berdasarkan ABC.com di Jakarta, Senin (27/7/2020) hampir setara dengan PDB Selandia Baru.

Kekaayaan Jeff Bezos sebesar AUD270 miliar (Rp2.805 triliun). Dengan nilai sebesar itu artinya pendapatan Jeff dalam sehari hanya berbeda tipis dengan jumlah PDB Selandia Baru (AUD20 miliar) yang didapat dari domba yang dicukur, susu yang diperah, dan setiap barang dan jasa lainnya yang diproduksi di negara berpenduduk 4,8 juta orang ini dalam setahun.

Baca Juga: Dalam Sehari, Jeff Bezos Raup Untung Rp192 T, Rekor Pecah Lagi!

Tak hanya itu, uang yang didapatkan Bezos dalam sehari sama dengan pengeluaran Pemerintah Australia untuk sekolah setiap tahun.

Untuk diketahui, Amazon membayar pajak dua persen di Australia pada tahun 2018, dengan pendapatan lebih dari AUD1 miliar dan tagihan pajak sebesar AUD20 juta.

Tahun lalu, ABC melaporkan ratusan juta dolar mungkin telah mengalir ke luar negeri, yaitu ke Luxemburg. Sulit membayangkan berapa banyak AUD270 miliar itu.

Cara lain untuk menempatkan kekayaan ini dalam perspektif adalah membandingkannya dengan nilai pasar saham perusahaan-perusahaan besar yang terkenal.

Bezos secara pribadi memiliki lebih banyak uang daripada kapitalisasi pasar perusahaan Australia mana pun, termasuk empat bank besar.

Bezos memiliki cukup uang untuk membeli perusahaan-perusahaan di Australia yakni Telstra, Wesfarmers (pemilik Coles, Bunnings dan Kmart), Woolworths dan BHP. Setelah itu, dia masih punya cukup uang untuk membeli Qantas.

Bagaimana dia punya banyak uang?

Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan 11 persen Amazon. Dengan jutaan orang yang tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran penyakit, permintaan akan belanja online Amazon dan layanan cloud computing pun tinggi. Saham perusahaan naik sekitar 73 persen tahun ini.

Sebuah studi yang dirilis April ini oleh Institute for Policy Studies menemukan bahwa 34 dari 170 miliarder terkaya di AS telah melihat kekayaan mereka meningkat puluhan juta dolar selama pandemi, termasuk Bezos.

Laporan itu mencatat bahwa lonjakan kekayaan Jeff Bezos belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah keuangan modern dan sangat bervariasi dari hari ke hari.

Dalam tiga setengah bulan pertama tahun 2020, Bezos memperoleh AUD36 miliar, lebih dari PDB Honduras, negara yang berpenduduk 10 juta orang. Bahkan selisih kekayaan antara Jeff Bezos dan Bill Gates yakni AUD100 miliar (Rp1.038 triliun).

Tag: Jeff Bezos, Amazon, Selandia Baru

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Lindsey Wasson