Kamis, 13 Agustus 2020 Portal Berita Entrepreneur

5 Miliarder di AS Dapat Bantuan Donald Trump, Gak Salah Sasaran?

Foto Berita 5 Miliarder di AS Dapat Bantuan Donald Trump, Gak Salah Sasaran?
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menggelontorkan dana di bawah Program Perlindungan Paycheck (PPP). Pinjaman dan hibah PPP adalah bagian dari UU CARES senilai USD2 triliun, yang ditandatangani oleh Presiden Donald Trump.

Pinjaman tersebut dirancang untuk membantu usaha kecil yang terdampak pandemi virus corona guna mempertahankan atau mempekerjakan kembali karyawan mereka. Namun menurut daftar, penerima dana bantuan termasuk perusahaan besar dan miliarder yang bisnisnya telah pulih dengan cepat dari pandemi.

Baca Juga: Masih Muda, Miliarder China Ini Pilih Lepas Jabatan dan Sahamnya

Berikut daftar miliarder yang mendapat dana hibah Donald Trump sebagaimana dilansir dari CNBC International di Jakarta, Rabu (8/7/2020):

1. Ron Burkle, Soho House

Soho House merupakan klub keanggotaan eksklusif yang dikendalikan oleh miliarder Ron Burkle. Bisnis tersebut telah menerima pinjaman sejumlah USD9 juta hingga USD23 juta dengan mengajukan tujuh pinjaman melalui lokasi New York, Miami Beach, Chicago dan Hollywood Barat.

Padahal bulan lalu, Soho House telah mengumpulkan USD100 juta dari investor swasta, termasuk Burkle, yang memberi perusahaan nilai USD2 miliar.

2. Joe Farrel, Hamptons

Pengembang miliarder Joe Farrell, terkenal karena membangun dan menyewa megamansi di Hamptons. Ia telah menerima pinjaman PPP hingga USD1 juta. Farrell menjadi berita utama pada bulan Mei ketika ia menyewa sebuah megahome bernama "The Sandcastle" dengan harga hampir USD2 juta.

3. Jim Justice, Gubernur Virginia Barat

The Greenbrier Hotel, resor mewah terkenal di Virginia Barat yang dimiliki oleh miliarder Gubernur West Virginia Jim Justice. Resor tersebut telah menerima USD5 juta hingga USD10 juta. Greenbrier Sporting Club juga menerima USD1 juta hingga USD2 juta.

4. Alec Gores, Gores Vitac Holding

Gores Vitac Holdings, bagian dari perusahaan yang dikendalikan oleh miliarder teknologi Alec Gores, terdaftar telah menerima USD5 juta hingga USD10 juta.

5. Kanye West, Yeezy

Kabar terbaru, miliarder yang paling terkenal menerima dana PPP adalah Kanye West. Merek fashion Yeezy miliknya menerima USD2 juta hingga USD5 juta. Kanye West mengatakan mereknya telah bernilai USD3 miliar dan baru-baru ini mengumumkan kolaborasi dengan Gap yang bisa membuat brandnya bernilai USD100 juta.

Tag: Donald Trump, miliarder

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Istimewa