Senin, 10 Agustus 2020 Portal Berita Entrepreneur

Punya Susi Air, Kekayaan Susi Pudjiastuti Capai Rp78 Miliar

Foto Berita Punya Susi Air, Kekayaan Susi Pudjiastuti Capai Rp78 Miliar
WE Entrepreneur, Jakarta -

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti belakangan digaungkan kembali oleh publik agar kembali ke kursi menteri. Hal ini lantaran ancaman reshuffle yang sempat dicetuskan Presiden Joko Widodo.

Susi Pudjiastuti sebelum menjabat sebagai menteri ialah seorang pebisnis sukses yang hanya lulusan SMP. Ia terkenal dengan dunia maskapai penerbangan, Susi Air.

Baca Juga: Survei Bicara Reshuffle: Susi Pudjiastuti Comeback, Copot Yasonna

Susi Air banyak melakukan penerbangan rute-rute terpencil dengan pesawat yang didominasi armada Cessna Grand Caravan. Meski seorang pengusaha penerbangan yang sukses, Susi juga memiliki pengalaman dalam sektor perikanan berkat berdagang hasil perikanan yang cukup sukses di Jawa Barat.

Sejumlah gebrakan pun dilakukan Susi Pudjiastuti saat menjabat sebagai menteri, salah satunya adalah memilih kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan sebagai efek jera.

Memiliki sejumlah usaha, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang terakhir diperbarui pada 5 November 2019 lalu, Susi Pudjiastuti memiliki total kekayaan sebesar Rp78 miliar.

Aset terbesarnya dari properti tanah dan bangunan yang mencapai Rp70,57 miliar. Tercatat, Susi memiliki 78 bidang tanah dan bangunan di kampung halamannya, Ciamis, Jawa Barat. Lalu, 1 bidang tanah di Jakarta Selatan seluas 184 meter persegi.

Adapun alat tranportasi yang Susi miliki yakni 6 unit mobil dan 8 unit sepeda motor. Lalu, mobil termahal yang dimiliki Susi yaitu Mercedez Benz E300 Sedan tahun 2005 senilai Rp270 juta.

Sementara itu, aset lain berupa harta tak bergerak sebesar Rp895 juta serta surat berharga sebesar Rp1,76 miliar, lalu kas dan setara kas sebesar Rp 4,4 miliar.

Tag: Susi Pudjiastuti, Susi Air

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Antara/M Agung Rajasa