Kamis, 13 Agustus 2020 Portal Berita Entrepreneur

5 Hal yang Bakal Mengubah Dunia Versi Elon Musk, Apa Saja?

Foto Berita 5 Hal yang Bakal Mengubah Dunia Versi Elon Musk, Apa Saja?
WE Entrepreneur, Jakarta -

Salah satu ciri seorang miliarder adalah visioner atau berpikiran jauh ke depan. Dan sebelum Elon Musk menjadi seorang miliarder, ia berpikir ada 5 hal yang bakal mengubah dunia. Hal itu ia pikirkan saat menjadi mahasiswa yang belajar fisika dan ekonomi di University of Pennsylvania.

Lantas, apa saja 5 hal yang dipikirkan seorang Elon Musk bakal mengubah dunia? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari CNBC Make-It di Jakarta, Senin (6/7/2020):

Baca Juga: Elon Musk Bantu Pembuatan Vaksin Corona yang Didanai Bill Gates

1. Internet

Sejak tahun 90-an, Musk percaya internet akan mengubah manusia secara fundamental. Dia bahkan membandingkan internet dengan sistem saraf manusia.

"Jika Anda tidak memiliki sistem saraf, Anda tidak akan tahu apa yang sedang terjadi. Jari-jari Anda tidak akan tahu apa yang sedang terjadi. Jari-jari kaki Anda tidak akan tahu apa yang sedang terjadi. Anda harus melakukannya dengan difusi," katanya.

Dia yakin internet bisa mengubah semua itu. Dia juga meyakini internet akan menjadi perubahan mendasar dan mendalam.

"Sekarang, Anda memiliki akses ke semua buku secara instan, dan Anda dapat berada di lokasi terpencil di puncak gunung dan memiliki akses ke semua informasi kemanusiaan jika Anda mendapat tautan ke internet," katanya.

2. Kehidupan multi-planet

Elon Musk yang memiliki impian ke Mars percaya bahwa ia bisa membuat hidup multi-planet. Ia yakin kehidupan multi-planet akan mengubah dunia.

Sebagai seorang anak, Musk dipengaruhi oleh berbagai buku fiksi ilmiah dan dia percaya bahwa suatu hari dia akan membangun pesawat ruang angkasa untuk memperluas jangkauan spesies manusia.

Dan terjadi, pada 30 Mei lalu, roket SpaceX berhasil meluncurkan dua astronot NASA ke orbit untuk pertama kalinya. Itu adalah tonggak sejarah bagi pesawat luar angkasa manusia dan membuat Musk selangkah lebih dekat untuk mencapai ambisi Mars-nya.

3. Mengubah genetika manusia

Sama seperti karakter dalam film 1997 Gattaca menjalani rekayasa genetika untuk mengejar mimpinya melakukan perjalanan ruang angkasa, menurut Musk, ketika dia masih muda dia percaya mengubah genetika manusia dapat mengubah dunia. Dan itu terjadi hari ini, dengan teknologi seperti Crispr.

“Saya pikir, akan menjadi normal untuk mengubah genom manusia untuk menyingkirkan penyakit atau kecenderungan menjadi berbagai penyakit,” katanya.

4. Energi berkelanjutan

Sebagai seorang remaja, saat itu Musk merasakan kewajiban pribadi untuk nasib umat manusia dan merasa terinspirasi untuk menciptakan teknologi energi bersih suatu hari. Jadi dia percaya bahwa energi berkelanjutan akan mengubah masa depan.

"Keberlanjutan, sebenarnya, adalah sesuatu yang saya pikir penting sebelum implikasi lingkungan menjadi sejelas mereka," katanya.

Dia mengatakan masa depan mungkin akan ada pajak karbon yang bakal meningkatkan biaya pembakaran bahan bakar fosil untuk mengurangi perubahan iklim.

5. Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)

"AI adalah yang sangat utama" kata Musk di podcast.

Karena itulah Musk mendirikan usaha intelijen mesin Neuralink, karena ia percaya manusia harus bergabung dengan AI.

"Kami benar-benar menginginkan hubungan yang erat antara kecerdasan manusia kolektif dan kecerdasan digital," katanya pada konferensi SXSW, "dan Neuralink berusaha membantu dalam hal itu dengan mencoba menciptakan antarmuka bandwidth tinggi antara AI dan otak manusia."

Tag: Elon Musk, miliarder

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Aaron P. Bernstein