Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Masayoshi Son Undur Diri dari Direksi Alibaba, Katanya: Tapi Kami Tetap. . .

Foto Berita Masayoshi Son Undur Diri dari Direksi Alibaba, Katanya: Tapi Kami Tetap. . .
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder teknologi Jepang, Masayoshi Son mengumumkan mundur dari dewan direksi Alibaba yang telah diembannya sejak tahun 2005. Dia menambahkan bahwa keputusan itu bertepatan dengan kepergian pendiri Alibaba Jack Ma dari dewan SoftBank.

"Kami akan tetap sebagai investor jangka panjang di Alibaba," kata Son dikutip dari CNN Business di Jakarta, Jum'at (26/6/2020).

Baca Juga: Butuh Uang Buat Bayar Utang, Bos SoftBank Rela Jual Saham T-Mobile Rp298 Triliun!

Perusahaan e-commerce China ini merupakan permata mahkota portofolio investasi SoftBank, dan pendakian Son dengan Ma telah melegenda. Son menginvestasikan USD20 juta di Alibaba 20 tahun yang lalu, mengubah taruhan itu menjadi yang bernilai USD60 miliar ketika Alibaba go public pada tahun 2014.

Son telah menyebut Ma sebagai "teman dan kawan" dan mengatakan bulan lalu bahwa keduanya makan malam setiap bulan sebelum pandemi virus corona untuk berbicara tentang kehidupan dan bisnis.

Son mengatakan ia melihat langkah itu sebagai "lulus" dari dewan Alibaba Group sebagai investasinya yang paling sukses hingga saat ini, ketika ia dengan cepat bergerak untuk mempertahankan strategi investasi grup Jepang, yang telah menjadi subyek pengawasan dan ejekan publik di beberapa kuartal terakhir.

Perusahaan telah mendapat manfaat dari meningkatnya nilai Alibaba Group dan sahamnya di Sprint, menyusul merger operator telekomunikasi dengan T-Mobile. Son mengatakan perusahaannya telah melihat tingkat pengembalian internet atau IRR, metrik populer yang digunakan oleh dana VC untuk menunjukkan kinerja mereka sebesar 25%.

Tag: Masayoshi Son, SoftBank Group Corp, Alibaba Group Holding Limited

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Ybox