Minggu, 12 Juli 2020 Portal Berita Entrepreneur

Perusahaan Miras Ini Paling Berharga di Dunia, Nilainya Lebih Mahal dari Bank Terbesar China!

Foto Berita Perusahaan Miras Ini Paling Berharga di Dunia, Nilainya Lebih Mahal dari Bank Terbesar China!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Sebuah perusahaan minuman keras (miras) paling terkenal di dunia dan terbesar di China, Kweichow Moutai baru saja mengklaim diri sebagai perusahaan minuman keras paling berharga di dunia. Bahkan, nilai perusahaan ini lebih mahal dari bank terbesar di China!

Dilansir dari CNN Business di Jakarta, Kamis (25/6/2020) berkat saham Kweichow Moutai yang melambung 23% berdasarkan data Refinitiv, kini telah bernilai lebih dari 1,8 triliun yuan atau USD259 miliar (Rp3.694 triliun) melampaui salah satu bank top negara itu, Bank Industri dan Komersial China (IDCBF) yang nilainya di bawah 1,8 triliun yuan atau USD253 miliar (Rp3.609 triliun).

Baca Juga: Ingat Nokia? Kini Perusahaan Itu Mau Rumahkan Ribuan Karyawan di . . . .

Sementara itu, raksasa teknologi China Tencent (TCEHY) dan Alibaba (BABA) masing-masing bernilai sekitar USD605 miliar dan USD614 miliar. Kweichow Moutai telah lama menjadi salah satu saham terpanas China.

Pada 2017, ia menjadi pembuat minuman keras terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, melampaui Diageo (DEO), perusahaan Inggris yang memiliki Johnnie Walker dan merek besar lainnya.

Tahun lalu, Moutai juga menjadi perusahaan China pertama sejak 2005 yang melihat harga sahamnya mencapai 1.000 yuan (sekitar USD145). Saat ini sahamnya diperdagangkan pada 1.460 yuan.

Hao Hong, kepala penelitian di BOCOM International, cabang sekuritas Bank of Communications China, mengatakan tidak ada faktor tunggal yang mendorong kinerja saham baru-baru ini.

Namun dia mengatakan ada kemungkinan para investor lebih enggan mengambil risiko selama pandemi virus corona membuat mereka membeli saham Moutai, meski harganya tinggi.

Tag: China (Tiongkok), Minuman Keras (Miras)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Unsplash/rawpixel