Jum'at, 14 Agustus 2020 Portal Berita Entrepreneur

Diisukan Meninggal hingga Miliki Harta Rp74 Triliun, dari Mana Sumber Kekayaan Kim Jong Un?

Foto Berita Diisukan Meninggal hingga Miliki Harta Rp74 Triliun, dari Mana Sumber Kekayaan Kim Jong Un?
WE Entrepreneur, Jakarta -

Beberapa waktu belakangan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un diisukan meninggal hingga menjadi trending topik dunia. Pemimpin yang dikenal diktator dan kejam ini rupanya juga dikenal sebagai pemimpin yang kaya raya.

Namun, dari manakah sumber kekayaan Kim Jong Un ini?

Kim Jong Un diketahui telah memimpin Korea Utara sejak 2011 silam menggantikan ayahnya Kim Jong-il. Melansir Dailystar di Jakarta, Kamis (30/4/2020), kekayaan bersih Kim Jong Un diperkirakan mencapai 5 miliar dolar AS (Rp74 triliun) menurut Celebrity Net Worth.

Baca Juga: Mengenal Kim Yo Jong, Calon Kuat Pengganti Kim Jong Un di Korea Utara

Angka ini dibuat usai penyelidikan bersama Korea Selatan dan Amerika berdasarkan rekening dan aset yang disebut dikendalikan Kim bersama keluarganya.

Konon, uang itu tersebar di 200 rekening bank asing di seluruh dunia. Namun, angka-angka berdasarkan statistik PBB laporan pengeluarannya pada 2018, diperkirakan bernilai Rp98-112 triliun.

Meski demikian, harta tersebut masih dipertanyakan lantaran Kim Jong Un belum pernah terdengar memiliki usaha. Dan ternyata, menurut laporan mata-mata, Korea Utara dituduh membiayai hidup mewah Kim melalui operasi ilegal.

Termasuk peretasan bank, penjualan senjata, transaksi narkoba dan perdagangan spesies yang terancam punah. Menurut para ahli juga uang itu digunakan untuk uji coba nuklir dan program rudal.

Investigasi tersebut dilakukan Chosun Ilbo dari AS & Korsel tahun 2013 yang menemukan 200 rekening bank Korea Utara terhubung dengan ekspor obat, uang palsu dan senjata pemusnah masal.

David L. Asher, yang telah melacak aktivitas ilegal Korea Utara, mengatakan kepada Daily Express bahwa uang tersebut membantu menjaga Kim Jong Un tetap berkuasa.

Hidup dalam kemewahan, Kim Jong Un dikabarkan memiliki kapal pesiar super 5 juta poundsterling, armada limusin Mercedes anti peluru, dan bahkan seluruh resor ski bernama Resor Ski Masikryong yang berada di Puncak Taehwa pada ketinggian 1.360 meter.

Diperkirakan, sekitar 5.000 wisatawan mengunjungi 120 kamar hotel resor ini dan tentu saja ini bagian pendapatan legal Kim.

Selain itu Kim Jong Un juga membuka bisnis property Hotel Ryugyong, yang konon menjadi hotel terbesar di dunia. Hotel Ryugyong ini memiliki 105 lantai di mana bangunannya didesain begitu unik dan mewah. Hotel ini juga menjadi salah satu ikon destinasi wisata Korea Utara.

Kekayaan Kim Jong Un tersebut masih belum termasuk tanah, mobil, pesawat terbang, dan harta Kim Jong Un lainnya.

Tak cukup sampai di situ, ia dikabarkan memiliki lebih dari 100 kendaraan mewah. Kim dikabarkan lebih suka mobil-mobil sport Eropa, dan mereka banyak tampil dalam koleksi besarnya.

Pemimpin Korea Utara itu juga memiliki setidaknya satu jet pribadi yang ia gunakan untuk terbang. Gaya hidup pesta mewah yang dijalani Kim Jong Un terlihat sangat kontras dengan kehidupan banyak warga Korea Utara.

Singkat kata kekayaan Kim Jong Un diperkirakan bisa lebih dari Rp74 triliun, terlebih Kim merupakan misterius yang banyak menyembunyikan sesuatu.

Tag: Kim Jong Un, Korea Utara (Korut), Harta Kekayaan

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/KCNA