Kamis, 04 Juni 2020 Portal Berita Entrepreneur

Apes! Startup Terkenal Ini Bangkrut Salahkan Corona!

Foto Berita Apes! Startup Terkenal Ini Bangkrut Salahkan Corona!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Startup tersohor asal Inggris yang bergerak di bidang satelit telekomunikasi, OneWeb, menyatakan diri bangkrut. Dilansir dari Spaceflight Now di Jakarta, Senin (31/3/2020) mereka menyalahkan pandemi virus corona sebagai penyebabnya.

OneWeb mengaku tak bisa mendapatkan investasi tambahan karena krisis virus corona. Mereka telah melakukan PHK pada sebagian besar karyawan dan mencari pihak yang mau membeli perusahaan.

Baca Juga: Astaga! Maskapai Inggris Bangkrut Usai Dihajar Corona

Berkantor pusat di London dengan tenaga kerja yang signifikan di Amerika Serikat, OneWeb mengatakan Jumat malam bahwa mereka membuat pengajuan kebangkrutan di Pengadilan Kepailitan AS untuk Distrik Selatan New York.

Perusahaan tersebut mencari hingga USD 2 miliar dari konglomerat Jepang SoftBank sebelum pandemi coronavirus COVID-19 menyebabkan penurunan di pasar keuangan global.

Padahal SoftBank juga telah menghadapi krisis sebab mengisyaratkan kemungkinan menarik keluar dari penawaran tender senilai USD 3 miliar kepada WeWork. Mereka juga berencana untuk menjual aset hingga USD 41 miliar.

Diketahui, SoftBank telah menginvestasikan USD 2 miliar ke OneWeb sejak 2016, menjadikan perusahaan induk Jepang OneWeb pendukung keuangan terbesar.

Secara total, OneWeb telah mengumumkan USD 3,4 miliar dari SoftBank dan investor lainnya, termasuk Grup Virgin Richard Branson, Qualcomm, Airbus, Coca Cola, Intelsat, Hughes Communications, dan konglomerat Meksiko Grupo Salinas.

Tapi itu tidak cukup untuk membawa OneWeb melalui penyebaran penuh hampir 650 satelit untuk mengirim sinyal Internet ke seluruh dunia.

Sejauh ini, OneWeb telah meluncurkan 74 satelit dari rencana 648 unit. Konstelasi satelit itu ditujukan untuk menyediakan koneksi internet ke Bumi dan dijadikan bisnis.

Mereka telah mendapatkan pendanaan 2,6 miliar poundsterling, tapi belum cukup untuk menyelesaikan seluruh proyek. "Proses pendanaan mandeg karena dampak finansial dam turbulensi pasar terkait penyebaran Covid-19," klaim OneWeb.

"Hari ini adalah hari yang sulit bagi kami di OneWeb. Banyak orang telah mendedikasikan energi, usaha dan passion bagi perusahaan ini dan misi kami," ujar CEO OneWeb, Adrian Steckel.

Bisnis konstelasi satelit memang amat mahal dan tak sedikit perusahaan di bidang ini telah tumbang. Nama besar yang masih bertahan adalah SpaceX yang telah meluncurkan puluhan satelit internet ke antariksa.

Tag: Startup, Virus Corona, COVID-19

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Unsplash/The Creative Exchange