Kamis, 04 Juni 2020 Portal Berita Entrepreneur

Gencar Bagikan APD, Ini Profil Dokter Tirta Sang Garda Terdepan Lawan Corona

Foto Berita Gencar Bagikan APD, Ini Profil Dokter Tirta Sang Garda Terdepan Lawan Corona
WE Entrepreneur, Jakarta -

Dokter muda yang nyentrik sekaligus relawan peduli sang garda terdepan dalam pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) Tirta Mandira Hudi atau akrab disebut dr Tirta tengah ramai diperbincangkan. Ia merupakan salah satu dokter muda yang gencar membantu memberikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis.

Saat ini ia tengah menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona. Kabar tersebut, ia umumkan melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (29/3/2020).

Baca Juga: Dokter Tirta Demam, Dites Corona Ternyata Hasilnya...

Sebelum dirawat karena kondisinya yang drop, ia sempat melakukan penggalangan dana dan membagikan APD di rumah sakit.

dr Tirta merupakan seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran di Universitas Gadjah Mada (UGM). Masuk tahun 2019, dr Tirta lulus pada tahun 2013 silam. Selama kuliah, pria kelahiran Surakarta, 30 Juli 1991 ini sempat menjadi pengurus Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM.

Setelah lulus kuliah, ia sempat menjadi dokter muda di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta selama dua tahun sebelum akhirnya dinas di Puskesmas Turi dan RS UGM Yogyakarta.

Tak banyak yang tau, ternyata dr. Tirta Mandira Hudhi pernah ditawari melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di Belanda dan Jerman. Namun, tawaran tersebut ditolak oleh pria 28 tahun ini karena ia lebih ingin bekerja sebagai dokter di IGD.

Di tengah pandemi virus corona, ia merasa prihatin dengan kondisi APD yang langka. Padahal, APD sangat penting bagi tenaga kesehatan untuk mencegah dirinya terkena virus corona. Saat ini, dana yang terkumpul telah mencapai lebih dari Rp2 miliar.

Dana tersebut akan digunakan untuk pembelian disinfektan di tempat umum, APD untuk tenaga kesehatan, handsanitizer, dan masker yang disebarkan rutin untuk masyarakat.

Tag: dr Tirta, Tirta Mandira Hudi, Virus Corona, COVID-19

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/dr.tirta