Kamis, 02 April 2020 Portal Berita Entrepreneur

Sedih, Kata Bill Gates Sebenarnya Dunia Tak Siap Hadapi Pandemi, Ini yang Harusnya Dilakukan

Foto Berita Sedih, Kata Bill Gates Sebenarnya Dunia Tak Siap Hadapi Pandemi, Ini yang Harusnya Dilakukan
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pandemi virus corona (COVID-19) yang membuat seluruh dunia geger ketakutan karena banyaknya nyawa melayang membuat sejumlah miliarder mengeluarkan bantuan. Salah satunya adalah miliarder nomor dua dunia, Bill Gates yang merupakan pendiri perusahaan Microsoft. Bill Gates diketahui telah berhenti sepenuhnya dari Microsoft untuk fokus kepada filantropinya.

Bill Gates pun kerap mengingatkan orang-orang tentang pandemi ini. Bill Gates menyatakan bahwa dunia saat ini memang tidak siap menghadapi pandemi.

Baca Juga: Bill Gates Udah Ramal Pandemi Virus Corona 5 Tahun Lalu, tapi Sayang Gak Digubris!

Bill Gates mengungkapkan hal itu ketika ditanya apa yang mesti dilakukan dunia untuk menghentikan pandemi Covid-19 bisla terulang lagi di masa depan.

Untuk menjawab pertanyaan itu ia lantas merujuk pada paparan yang ia sampaikan di acara TED Talk 2015 lalu. Ketidaksiapan dunia terhadap pandemi yang disampaikan lima tahun lalu seakan menjadi kenyataan.

Kala itu, Gates memberi masukan kalau dunia perlu berinvestasi pada sistem kesehatan alih-alih investasi perang seperti rudal. Dia juga menyarankan agar seluruh negara melakukan kolaborasi internasional untuk melatih staf medis agar lebih awam menghadapi keadaan di tengah krisis kesehatan seperti virus ini.

Namun, hal itu justru gagal dilakukan lantaran ketika virus corona datang, dunia justru tak memiliki kekuatan untuk menghadapinya. 

"Kita tidak siap untuk epidemi berikutnya" kata Gates dilansir dari Business Insider di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Saat ini yang perlu dilakukan dunia dalam menghadapi perang melawan virus Covid-19 ini menurut Gates adalah berinvestasi lebih banyak untuk meningkatkan pengujian vaksin dan obat-obatan. 

"Kita perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan diagnostik, obat-obatan dan vaksin dengan sangat cepat. Teknologi ada untuk melakukan ini dengan baik jika investasi yang tepat dilakukan," katanya. 

Tak hanya itu, dia juga menyebut saat ini dunia memang membutuhkan sistem kesehatan yang kuat. Hal ini harus berlaku di negara-negara miskin untuk mengidentifikasi wabah lebih awal.

Gates bahkan mengatakan agar tenaga medis juga memiliki kemampuan serupa tentara militer. Hal ini agar cadangan medis untuk mendeteksi wabah dapat lebih cepat dilakukan. 

Tag: Bill Gates, Microsoft Philanthropies, Virus Corona, COVID-19

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Arnd Wiegmann