Kamis, 02 April 2020 Portal Berita Entrepreneur

Sering Kena Kritik, Berapa Harta Kekayaan Menkes Terawan?

Foto Berita Sering Kena Kritik, Berapa Harta Kekayaan Menkes Terawan?
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjadi sosok yang kerap mendapatkan kritik dari sejumlah pihak. Seperti saat ia memberikan buah tangan jamu yang disebut dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada 3 pasien pertama yang dinyatakan positif corona Covid-19 dan telah sudah dinyatakan sembuh.

Lalu saat Terawan menyampaikan ke publik bahwa virus corona bisa sembuh dengan sendirinya atau disebut penyakit self limited disease. Pernyataan tersebut disampaikan pada awal Maret 2020.

Baca Juga: Pengamat Nyentil Terawan: Seremoni Jamu-jamuan Itu Nyebelin, Gak Banget

Pada Kamis (12/3/2020), Terawan mengumumkan ada dua pasien virus corona di Indonesia yang sembuh. Ia pun menyampaikan kegembiraannya lantaran teori yang ia sampaikan terbukti.

"Saya merasa sangat berbahagia bahwa teorinya benar, memang ini adalah self limiting disease yang akan sembuh sendiri," kata Terawan.

Sebab itulah Koalisi Masyarakat Sipil meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan lantaran dinilai gagal memahami kesehatan publik.

"Kami mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengganti Menkes Terawan dengan figur yang lebih paham kesehatan publik, punya kepekaan krisis, yang akan memandu kita melewati krisi kesehatan terburuk ini," tulis pernyataan sikapnya.

Namun, di balik seluruh kontroversi yang ada sebenarnya berapa harta kekayaan Menteri Kesehatan Terawan ini?

Dikutip dari elhkpn.kpk.go.id pada Rabu (18/3/2020), Terawan tercatat memiliki harta kekayaan sebanyak Rp67,49 miliar yang dilaporkannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi pada 31 Desember 2017.

Adapun rincian harta kekayaannya berupa tanah dan bangunan senilai Rp 18,5 miliar. Dengan total aset 5 tanah dan bangunan yang berada di Bogor dan Jakarta Pusat. 

Lalu kendaraan senilai Rp 2,4 miliar yang terdiri 3 mobil yakni Honda CRV tahun 2013 dengan nilai Rp250 juta, Lexus RX200T tahun 2017 dengan nilai Rp1,25 miliar terakhir ada Alphard G tahun 2016 dengan nilai Rp900 juta. Terkahir, Terawan memiliki Kas dan Setara Kas senilai Rp 49,59 miliar.

Tag: dr Terawan, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN), Harta Kekayaan

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga