Kamis, 02 April 2020 Portal Berita Entrepreneur

Populer di Generasi 90an, Siapa Sebenarnya Pencipta Boneka Barbie?

Foto Berita Populer di Generasi 90an, Siapa Sebenarnya Pencipta Boneka Barbie?
WE Entrepreneur, Jakarta -

Generasi 90an pasti tidak asing dengan mainan boneka Barbie. Barbie adalah boneka yang diproduksi oleh Mattel dan diperkenalkan pada Maret 1959. Pembuat boneka ini bernama Ruth Handler yang mendapatkan inspirasi dari sebuah boneka asal Jerman bernama Bild Lilli.

Ruth Handler dilahirkan dengan nama Ruth Marianna Mosko pada 4 November 1916, di Denver, Colorado. Orang tuanya adalah Yakub dan Ida Mosko. Ruth Handler menikah dengan Elliot Handler pada tahun 1938.

Baca Juga: Startup Pengusaha Kelas Dunia Ini Bangkrut, Semua Karyawan Dipecat!

Perusahaan pembuat boneka Barbie, Mattel sendiri didirikan pada tahun 1945. Pendiri Mattel dulu menggunakan garasi rumahnya untuk merancang dan membuat boneka-boneka Barbie.

Home industri yang sederhana ini pun berkembang seiring berjalannya waktu dan kini menjadi salah satu perusahaan besar dunia di bidang mainan.

Sejarah Barbie

Alkisah saat Ruth Handler memperhatikan anak perempuannya, Barbara, bermain dengan sebuah boneka kertas bersama temannya, Handler melihat anaknya bermain dengan boneka tersebut dengan berkhayal membayangkan peran sebagai mahasiswa, pemandu sorak, dan orang dewasa dengan karier yang cemerlang.

Handler pun bercita-cita untuk menciptakan boneka yang akan lebih memudahkan anak-anak perempuan bermain dengan boneka mereka. 

Pada saat itu, kebanyakan boneka untuk anak-anak berbentuk bayi. Menyadari hal tersebut, Handler memiliki ide untuk membuat boneka dewasa dan ide tersebut disampaikan kepada suaminya Elliot, co-founder dari perusahaan Mattel.

Dilansir dari Thought Co di Jakarta, Rabu (11/3/2020) dalam perjalanannya ke Eropa tahun 1956 bersama dengan anaknya, Barbara dan Kenneth, Ruth Handler melewati toko yang menjual sebuah boneka Jerman bernama Bild Lilli.

Saat kembali ke Amerika Serikat, Handler mendesain ulang boneka itu dengan bantuan Jack Ryan dan diberikan nama baru, Barbie.

Handler dan Mattel pun memperkenalkan Barbie sebagai model fashion remaja kepada pembeli mainan di Toy Fair tahunan New York pada 9 Maret 1959. Boneka baru itu sangat berbeda dengan boneka bayi dan balita yang populer saat itu yakni boneka dengan tubuh orang dewasa.

9 Maret 1959 juga dijadikan sebagai hari ulang tahun Barbie. Lalu, pacar pertama Barbie, Ken Doll memulai debutnya pada tahun 1961.

Handler mengatakan Barbie adalah simbol kebebasan bagi para gadis remaja dan wanita:

"Barbie selalu menyatakan bahwa seorang wanita punya pilihan. Bahkan di tahun-tahun awalnya, Barbie tidak harus puas hanya menjadi pacar Ken atau seorang yang hobi shopping. Barbie pun punya pakaian, untuk memulai karier sebagai perawat, seorang pramugari, penyanyi klub. Saya percaya pilihan yang diwakili Barbie membantu anak perempuan dan juga dengan ibu."

Tag: Mattel Inc, Barbie, Ruth Handler

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/BillieJeanKing