Kamis, 04 Juni 2020 Portal Berita Entrepreneur

Gandeng Kemenkop, Moka Bidik 200 UMKM Terdigitalisasi

Foto Berita Gandeng Kemenkop, Moka Bidik 200 UMKM Terdigitalisasi
WE Entrepreneur, Jakarta -

Moka, startup layanan kasir digital, bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) menjalin hubungan kemitraan strategis dalam mendorong UMKM naik kelas melalui transformasi digital dan pengembangan usaha.

Moka dan Kemenkop-UKM menyasar 200 UMKM dari empat kota melalui lokakarya digitalisasi manajemen usaha yang bertemakan Brick to Click Business Expansion. Lewat lokakarya ini mereka bakal memberikan edukasi berupa pengarahan mengenai digitalisasi bisnis.

Dari kegiatan tersebut, kedua belah pihak berharap edukasi mengenai manfaat digitalisasi manajemen usaha kepada UMKM dapat tersampaikan. Selain itu, kegiatan ini juga bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memberikan kesempatan kepada UMKM untuk uji coba secara gratis aplikasi kasir digital dari Moka.

Baca Juga: Dukung Edukasi ke UMKM, Moka Gelar ACOM

Plt Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop-UKM, Herustiati menjelaskan UMKM sudah saatnya mengubah pola managemen bisnisnya dari konvensional menjadi digital dengan memanfaatkan data dan teknologi.

"Karena digitalisasi UMKM akan lebih mudah mengawasi bisnisnya secara real-time, sehingga bisa lebih fokus kepada hal-hal yg lebih penting seperti pengembangan usaha dan pelayanan prima kepada pelanggan," ujarnya di Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Sementara itu, Government Partnership Manager Moka Rechelle Rumawas mengatakan, pihaknya turut menaruh perhatian pada penyelenggaraan edukasi pengembangan keahlian UMKM. Moka mengharapkan kemitraan bersama dengan Kemenkop-UKM dapat diperluas agar lebih banyak lagi UMKM yang menerima manfaatnya.

Baca Juga: Demi Pertumbuhan Ekonomi, Bukalapak Integrasikan Produk Virtual di Warung

"Dengan menggunakan kasir digital, diharapkan para pelaku usaha dapat menjalankan operasional bisnis dengan lebih tertata, termasuk pada pencatatan transaksi penjualan, pengawasan usaha secara real-time, serta perencanaan bahan baku agar lebih teratur," pungkasnya.

Tag: Moka POS, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Rosmayanti

Foto: Moka